Kompas.com - 07/05/2022, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Fitur rekam layar atau screen recorder kini tampaknya telah mudah dijumpai pada beberapa model handphone (HP) terbaru, termasuk pada HP Xiaomi.

Fitur screen record pada HP Xiaomi memiliki fungsi untuk mendokumentasikan objek yang tengah bergerak dan muncul pada layar. Misalnya, Anda bisa menggunakan screen recorder untuk merekam cara mengoperasikan berbagai fitur dan aplikasi yang ada di HP Xiaomi.

Baca juga: Cara Reset iPhone Tanpa Password via iTunes dengan Mudah

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan tangkapan layar satu per satu pada objek yang bergerak di layar HP Xiaomi. Semua gerakan yang muncul di layar HP Xiaomi bakal terekam menjadi video bila menggunakan fitur ini.

Merekam layar HP Xiaomi sebenarnya cukup mudah. Anda tidak perlu mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa merekam layar HP Xiaomi. HP Xiaomi telah dibekali aplikasi bawaan bernama “Rekam Layar” atau “Screen Recorder”.

Namun perlu diketahui, tidak semua HP Xiaomi memiliki aplikasi bawaan Rekam Layar. Aplikasi tersebut hanya tersedia pada HP Xiaomi yang telah mendukung versi antarmuka berbasis Android, MIUI 8 ke atas.

Lantas, di mana letak Rekam Layar Xiaomi? Aplikasi ini bakal otomatis tersemat pada folder bernama “Alat” yang terletak di layar “Home”. Dari aplikasi Rekam Layar, Anda bisa melakukan perekaman objek yang muncul di layar dan menyimpannya.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara merekam layar di HP Xiaomi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Beranda

Cara merekam layar di HP Xiaomi

  • Buka folder “Alat” atau “Tools” yang tertera di layar “Home” pada HP Xiaomi Anda
  • Kemudian, pilih aplikasi “Rekam Layar” atau “Screen Recorder”
  • Saat aplikasi terbuka, klik ikon kamera yang terletak di pojok kanan bawah pada layar aplikasi
  • Setelah itu, aplikasi Rekam Layar bakal menutup dan muncul tombol “rekam” berwarna merah yang berada di sisi pojok kanan bawah layar HP
  • Klik tombol tersebut untuk mulai merekam layar HP Xiaomi
  • Klik tombol itu lagi untuk menghentikan perekaman dan menyimpan hasilnya
  • Hasil perekaman layar tersebut akan tersimpan di galeri HP Xiaomi dalam bentuk video.

Ilustrasi cara merekam layar HP XiaomiKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara merekam layar HP Xiaomi

Fitur screen recorder di HP Xiaomi juga bisa menangkap suara bersamaan dengan perekaman layar yang sedang berjalan. Pengaturan rekam layar dengan suara bisa ditemukan pada opsi “Setting” di aplikasi Rekam Layar

Sementara itu sebagai catatan, cara di atas dijajal pada Redmi Note 10 Pro dengan MIUI 12.5.4. Beda model HP Xiaomi dan versi antarmuka yang digunakan, mungkin bakal menyebabkan perbedaan pula di segi letak opsi dan tahapannya.

Baca juga: 5 Cara Membuat WhatsApp Terlihat Offline padahal Sedang Online, Coba Trik Ini Saat Cuti

Demikian cara merekam layar HP Xiaomi tanpa aplikasi tambahan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.