Kompas.com - 08/05/2022, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2022 ini, operator seluler Telkomsel mencatatkan adanya kenaikan traffic (lalu-lintas) data di jaringan Telkomsel.

Peningkatan itu khususnya terjadi pada layanan pesan instan seperti WhatsApp dan aplikasi media sosial berbasis video seperti TikTok dan Instagram.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (8/5/2022), Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45,1 Petabyte (PB) selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022 (RAFI 2022).

Angka tersebut mewakili pertumbuhan 21 persen dibanding momen Ramadhan dan Lebaran tahun lalu.

Sedangkan bila dibandingkan dengan trafik hari normal di 2022, trafik data di jaringan Telkomsel meningkat hingga 9 persen selama momen Ramadhan dan Lebaraan 2022.

Baca juga: Cara Mendapat dan Tukar Poin Telkomsel via Aplikasi MyTelkomsel

Menurut data internal Telkomsel, lima wilayah yang memiliki kenaikan trafik layanan data paling tinggi seluruhnya tersebar di provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Rinciannya adalah kabupaten Cilacap (50 persen), kabupaten Tasikmalaya (43 persen), kabupaten Ciamis (42 persen), kabupaten Garut (34 persen), dan kabupaten Cirebon (28 persen).

WhatsApp dan TikTok mendominasi

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, lonjakan trafik data Telkomsel hingga 21 persen itu didorong dengan meningkatnya aktivitas digital pelanggan di beberapa aspek.

Salah satu yang paling berperan adalah layanan komunikasi (communication), seperti pesan instan (instant messaging) dan konferensi video (video conference).

Trafik layanan communication menorehkan peningkatan paling tinggi saat momen RAFI 2022 ini, dengan kenaikan mencapai 21 persen dibandingkan hari normal 2022.

Baca juga: Cara Telepon dan SMS ke Sesama Telkomsel, Tanpa Pulsa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.