Aplikasi YouTube Hemat Kuota Disetop Agustus 2022

Kompas.com - 09/05/2022, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Selamat tinggal YouTube Go.

Setelah kurang lebih enam tahun beroperasi, aplikasi streaming video "hemat kuota data" milik Google ini bakal ditutup pada Agustus 2022. Penutupan aplikasi YouTube Go juga sudah diumumkan oleh YouTube melalui laman resmi Google Support.

"Hari ini, kami mengumumkan bahwa YouTube Go akan dihentikan mulai bulan Agustus. Untuk mengakses YouTube, sebaiknya pengguna YouTube Go memasang aplikasi utama YouTube atau mengunjungi youtube.com di browser mereka," tulis Meaghan selaku Community Manager sekaligus TeamYouTube.

Google sendiri pertama kali meluncurkan YouTube Go pada September 2016 di India. Aplikasi streaming video YouTube versi hemat kuota ini baru tersedia di Indonesia setahun setelahnya, tepatnya pada September 2017.

Baca juga: Google Station hingga YouTube Go, Program Google untuk Indonesia

Kala itu, YouTube Go ditujukan untuk memaksimalkan performa YouTube di daerah yang kecepatan internetnya kurang baik. Sama seperti aplikasi YouTube standar, YouTube Go memiliki fungsi utama untuk streaming video.

Yang membuat YouTube Go istimewa, aplikasi ini dibekali berbagai fitur untuk menghemat paket data internet.

Salah satunya, YouTube Go bisa melakukan preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi). Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan gambaran seperti apa video yang bakal ditontonnya.

Pengguna juga bisa mengunduh video yang ada melalui YouTube Go, dan menontonnya di kemudian hari. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja.

Menariknya lagi, pengguna bisa melihat dan memilih ukuran video yang akan diunduh. Jika ingin menghemat data, unduh saja video yang ukurannya paling kecil, namun risikonya resolusi gambar akan lebih rendah.

Tangkapan layar aplikasi YouTube Go dari situs Google Play Store, Minggu (8/5/2022). Aplikasi ini masih dapat ditemukan di situs Play Store. Namun, ketika dicari pada Play Store di ponsel Android, YouTube Go sudah tidak bisa ditemukan. Google Play Store/ YouTube Go Tangkapan layar aplikasi YouTube Go dari situs Google Play Store, Minggu (8/5/2022). Aplikasi ini masih dapat ditemukan di situs Play Store. Namun, ketika dicari pada Play Store di ponsel Android, YouTube Go sudah tidak bisa ditemukan.
Diimbau beralih ke aplikasi YouTube utama

Nah, menurut Meaghan, semenjak merilis versi "Go", YouTube juga meningkatkan kinerja YouTube versi standar agar bisa digunakan dalam jaringan internet yang lebih lambat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.