Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Luncurkan MicroSD Tangguh, Bisa Rekam Video hingga 16 Tahun

Kompas.com - 09/05/2022, 12:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung memperbarui jajaran microSD besutannya dengan merilis produk baru Samsung Pro Endurance. Memori eksternal teranyar ini dirancang untuk mendukung perekaman video resolusi tinggi dari Full HD hingga 4K.

Samsung mengeklaim, microSD ini diklaim cocok untuk kamera CCTV, kamera dasbor, kamera bel pintu, kamera bodi dan lainnya.

Selain itu, Samsung Pro Endurance juga disebut memiliki usia penggunaan yang lama. Samsung mengatakan, microSD ini mampu digunakan untuk merekam hingga 16 tahun (140.160 jam), khususnya untuk varian Pro Endurance paling tinggi.

Namun, kinerja ini bisa dicapai jika kamera yang diunakan juga mampu memproses video dengan cepat.

"Dari CCTV hingga kamera bel pintu, kebutuhan akan solusi pengawasan video yang tahan lama terus meningkat, dan Pro Endurance dirancang untuk mendukung hal tersebut," kata KyuYoung Lee, VP Memory Brand Product Biz Team, Samsung Electronics.

Baca juga: Hands-on dan Unboxing Samsung Galaxy A23, HP Harga Rp 3 Jutaan

MicroSD Samsung Pro Endurance juga dirancang agar dapat bertahan dalam kondisi ekstrem. Dikutip KompasTekno dari situs resmi Samsung, Senin (9/5/2022), Samsung turut melengkapi perangkat ini dengan fitur keamanan seperti perlindungan dari air, magnet hingga sinar-X.

Perusahaan juga mengkelaim Pro Endurance mampu bertahan dari keausan dan jatuh hingga ketinggian 5 meter.

"Baik konsumen maupun bisnis dapat meyakini bahwa kartu memori baru kami akan memastikan perekaman berkelanjutan pada resolusi tinggi bahkan dalam kondisi ekstrem," imbuhnya.

Kecepatannya mencapai 100 MB per detik untuk membaca data dan kecepatan tulisnya mencapai 40 MB per detik. Namun, kecepatan yang akan didapatkan pengguna dapat berbeda, sesuai dengan kapasitas memori yang digunakan.

Pro Endurance sendiri hadir dalam empat kapasitas, meliputi 32 GB dan 64 GB (microSDHC), serta 128 GB dan 256 GB (microSDXC). 

Lain dengan varian tertinggi yang menawarkan perekaman hingga 140.160 jam, varian 32 GB diklaim mampu merekam hingga 17.520 jam, 64 GB hingga 35.040 jam dan varian 128 GB hingga 70.080 jam.

Baca juga: Ini Dia Wujud Ponsel Pertama Bikinan Samsung

MicroSD Pro Endurance sudah tersedia di seluruh dunia sejak 3 Mei 2022. Adapun harga ecer yang disarankan perusahaan (SRP) yaitu mulai dari 10,99 dolar AS (Rp 160.000) untuk kapasitas 32 GB dan 54,99 dolar AS (Rp800.000-an) untuk microSD 256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com