Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Tampilan Mirip TikTok

Kompas.com - 09/05/2022, 13:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram menguji coba tampilan Feed baru yang mirip dengan TikTok. Tampilan anyar tersebut, konten yang disajikan di Feed tampil secara penuh di layar dan terlihat lebih luas.

Pengumuman ini disampaikan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui sebuah video yang diunggah di akun Twitter @mosseri.

Dalam video tersebut, Mosseri mengatakan bahwa foto dan video yang akan ditampilkan di kolom Feed akan menggunakan rasio 16:9. Alhasil, konten yang diunggah di Instagram akan memiliki ukuran yang lebih luas.

Tampilan yang sedang diuji coba tersebut terlihat hampir serupa dengan standar ukuran video yang disajikan di TikTok. Sebagai informasi, TikTok menyajikan video dengan rasio serupa, yakni 16:9 atau 9:16.

Baca juga: Siasat Instagram Kurangi Repost Video TikTok di Reels

"Kami menguji coba tampilan foto dan video yang lebih tinggi di feed Anda, jadi kami akan mencoba belajar sebanyak mungkin selama beberapa minggu ke depan," ungkap Adam.

Dalam video yang diunggah Mosseri terlihat bahwa konten yang ditampilkan di Feed Instagram memang memiliki ukuran yang lebih besar dan mendominasi halaman.

Tampilan Feed terbaru yang sedang diuji coba oleh Instagram.Tech Crunch/Instagram Tampilan Feed terbaru yang sedang diuji coba oleh Instagram.
Selain mengubah format ukuran, Instagram turut memindahkan tata letak sejumlah tombol fungsi. Berbeda dari tampilan sebelumnya, tombol Like, Comment dan Share kini ditempatkan di bagian bawah konten yang diunggah.

Hal serupa juga turut dilakukan pada posisi foto profil, nama pengguna, serta tombol "More".

Di luar dari perbedaan tersebut, pengguna nantinya masih akan menjumpai sejumlah tombol navigasi yang terdiri dari Home, Search, Reels, Shop, dan Account. Deretan tombol tersebut masih diletakkan di posisi yang sama, yakni di bagian bawah aplikasi Instagram.

Sisi bagian atas aplikasi masih akan dihiasi dengan logo Instagram yang ditempatkan bersebrangan dengan tombol Create a Post, Like, dan Direct Messages (DM).

Meski demikian, gambar yang ditampilkan Mosseri tidak menunjukkan detail letak di mana tab Instagram Stories akan berada.

Baca juga: TikTok Punya Fitur ala Instagram Stories, Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Menurut seorang perwakilan Meta, Seine Kim, Instagram Stories masih akan dijumpai pada sisi atas aplikasi. Kim mengatakan bahwa gambar yang dipamerkan Mosseri hanya menunjukkan tampilan laman Feed yang sudah digulir oleh pengguna.

Uji coba tampilan baru Instagram ini menurut Mosseri, masih akan berlangsung hingga beberapa pekan mendatang.

Masih belum diketahui secara pasti kapan penyesuaian ini akan digelontorkan secara resmi kepada seluruh pengguna Instagram.

Belakangan, Instagram terlihat rutin melakukan sejumlah penyesuaian pada konten yang berjalan di platformnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (9/5/2022), Instagram pada April lalu berencana untuk mengubah algoritma untuk Reels.

Nantinya, Instagram akan lebih memprioritaskan konten asli atau original buatan pengguna Instagram, dibandingkan konten yang diunggah ulang alias repost.

Hal tersebut disinyalir adalah bagian dari strategi Instagram untuk mengurangi konten-konten dari TikTok yang diunggah di IG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com