Cara Aktifkan Two Step Verification WhatsApp biar Gak Mudah Kena Hack

Kompas.com - 09/05/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Akun WhatsApp kena hack atau peretasan itu sangat mungkin terjadi. Modus kejahatan peretasan akun Whatsapp yang umum dijumpai adalah menggunakan metode social engineering atau rekayasa sosial berupa pengelabuan.

Dengan metode tersebut, peretas bakal login WhatsApp menggunakan nomor telepon pengguna, lalu mereka akan mengelabui pengguna lewat pesan supaya mau mengirimkan kode OTP.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Apabila pengguna mengirimkan kode tersebut, akun WhatsApp miliknya akan diambil alih oleh peretas. Kode OTP itu biasanya terdiri dari enam digit angka yang dikirimkan ke nomor telepon pengguna melalui SMS saat hendak login akun WhatsApp.

Fungsi dari kode OTP itu sendiri adalah untuk melakukan verifikasi akun saat login ke aplikasi WhatsApp. Dengan mengirimkan kode OTP itu ke peretas, akun pengguna bakal logout otomatis dari perangkat miliknya dan bakal login di perangkat milik peretas.

Kemudian, akun yang diambil alih itu pun bisa disalahgunakan oleh peretas. Oleh karena itu, penting untuk tidak menyebarkan kode OTP login WhatsApp ke orang lain.

Selain itu, untuk menghindari WhatsApp kena hack, Anda juga perlu untuk mengaktifkan fitur  Two Step Verification WhatsApp atau biasa juga disebut Verifikasi Dua Langkah.

Lantas, Two Step Verification WhatsApp untuk apa sampai perlu untuk diaktfikan? Dengan mengaktifkan Two Step Verification, akun WhatsApp bakal mendapat semacam sistem pengaman tambahan.

Saat login akun WhatsApp di ponsel pertama kali, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN, di samping kode OTP, bila telah mengaktifkan Two Step Verification. Jadi, pengamanan akun WhatsApp akan berlapis, terdiri dari kode OTP dan PIN.

Untuk menghindari WhatsApp kena hack, berikut merupakan cara mengaktifkan Two Step Verification WhatsApp.

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda
  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan” yang tertera di bagian bawah layar aplikasi
  • Kemudian, pilih opsi “Akun” dan klik opsi “Verifikasi Dua Langkah” atau “Two Step Verification”
  • Selanjutnya, buatlah PIN yang terdiri dari enam angka dan masukkan pula alamat e-mail untuk supaya bisa mengatur ulang PIN nantinya saat terjadi kelupaan ketika hendak login akun WhatsApp
  • Terakhir, klik opsi “Lanjut” dan kini Two Step Verification WhatsApp telah aktif.

Ilustrasi cara mengaktifkan Two Step Verification WhatsAppKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengaktifkan Two Step Verification WhatsApp

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.