Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBESI Janjikan Bonus Rp 7 Miliar Bagi Atlet Esports Peraih Medali Emas di SEA Games 2021

Kompas.com - 09/05/2022, 16:45 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Southeast Asian Games 2021 (SEA Games 2021) akan segera digelar. Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yang ke-31 ini akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam.

Di cabang olahraga (cabor) Esport, Indonesia mengirimkan 38 atlet untuk enam nomor. Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengatakan pihaknya telah menyiapkan hadiah tambahan senilai Rp 7 miliar bagi para atlet Esports Indonesia yang berhasil meraih medali emas.

Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mewakili Ketua Umum Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menyampaikan bahwa hadiah tersebut juga ditujukan untuk pelatih yang berhasil membimbing para atlet ke posisi teratas dalam kategori olahraga Esports.

Baca juga: 8 Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2021, Ada Mobile Legends dan Free Fire

"Dalam waktu dekat ini, mereka harus bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan menunjukkan staminanya, agar memperoleh medali emas untuk bangsa Indonesia," ucap Bambang sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Antara News, Senin (9/5/2022).

Selain menjanjikan hadiah yang tergolong fantantis, Bambang mengatakan bahwa setiap atlet juga dipastikan bakal menerima uang saku tambahan. Menurut Bambang, PBESI akan menggelontorkan dana senilai Rp 850 juta kepada 38 atlet yang berpartisipasi di SEA Games 2021.

Target enam medali emas

Sebelumnya, atlet Indonesia hanya ditargetkan untuk membawa pulang lima medali emas dari ajang SEA Games 2021.

Namun, target tersebut meningkat untuk tahun ini menjadi enam medali emas, usai dilaksanakannya analisa performa terhadap atlet yang menjalani pemusatan latihan nasional di Basecamp Military Lifestyle, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

"Akan ada 38 atlet yang akan diberangkatkan dari enam nomor pertandingan. Kami berharap keenamnya ini masing-masing bisa mendapatkan emas," kata Bambang.

Esports merupakan cabang olahraga yang cukup baru hadir di perhelatan SEA Games. Ajang yang digelar pada tahun ini menjadi kali kedua bagi SEA Games dalam menghadirkan olahraga cabang Esports, setelah memulai debutnya di SEA Games 2019 lalu.

Baca juga: PBESI Buka Lowongan Pelatih E-sports untuk SEA Games, Masyarakat Umum Bisa Daftar

Selama ajang SEA Games 2021 berlangsung, setidaknya ada 10 medali emas yang bisa diraih dari delapan judul game yang akan dipertandingkan. Kedelapan game tersebut akan terbagi menjadi dua versi, yakni game PC dan Mobile.

League of Legends, FIFA Online 4 dan CrossFire akan menjadi judul game yang akan dipertandingkan pada kategori game versi PC.

Sedangkan deretan kategori game Mobile akan diisi oleh League of Legends: Wild Rift (pria dan wanita), Arena of Valor, PUBG Mobile (solo dan tim), Free Fire, dan Mobile Legends: Bang-Bang.

Enam nomor cabor Esport dari Indonesia

SEA Games 2021 cabang olahraga Esports sejatinya menyajikan 10 nomor cabang olahraga. Meski demikian, Indonesia hanya mengirimkan atlet untuk mewakili enam nomor saja.

Ketua Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora Mochammad Asmawi, mengumumkan bahwa pihaknya membatalkan keberangkatan empat nomor cabang olahraga (cabor).

Keempat cabor esports tersebut mencakup Arena of Valor (AOV), League of Legends PC, League of Legends: Wild Rift (kategori pria), dan League of Legends: Wild Rift (kategori wanita).

Baca juga: PBESI Batal Kirim Timnas E-sports AoV dan LoL ke SEA Games 2021 Vietnam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com