Kompas.com - 09/05/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Bagi pengguna ponsel Android, mengunduh berbagai aplikasi tentu biasa dilakukan di toko aplikasi di Google Play Store. Google Play Store sendiri merupakan toko resmi berbagai aplikasi, e-book, film, dan game untuk Android.

Untuk mengunduh berbagai aplikasi di Play Store cukup mudah, pengguna hanya perlu mengetikkan nama aplikasi atau keyword pada bilah pencarian lalu klik “Install”.

Namun adakalanya Play Store justru error dan tidak dapat mengunduh sejumlah aplikasi yang diinginkan. Namun tak perlu khawatir permasalahan ini dapat diatasi dengan mudah dengan beberapa cara.

Untuk selengkapnya berikut ini KompasTekno rangkum cara mengatasi Google Play Store yang tidak bisa download.

Baca juga: Aplikasi Azan dan Penunjuk Kiblat di Play Store Diduga Curi Data, Ini Kata Kominfo

Cek koneksi internet Anda

SpeedtestKompas.com/soffyaranti Speedtest

Jika aplikasi tidak bisa terunduh dengan baik atau bahkan unduhan tidak berjalan, Anda dapat mengeceknya mulai dari koneksi jaringan data internet atau WiFi Anda. Apakah jaringan internet cukup kuat untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Untuk cek kecepatan koneksi internet, Anda dapat mengunjungi “Speedtest” pada browser dan klik “Jalankan kecepatan” nantinya Speedtest akan menampilkan kecepatan internet yang sedang digunakan.

Jika memang dirasa cukup lambat, kemungkinan hal ini yang mempengaruhi Play Store tidak dapat mengunduh aplikasi.

Cek ruang penyimpanan ponsel Anda

Cek ruang penyimpanan Kompas.com/soffyaranti Cek ruang penyimpanan

Jika ruang penyimanan internal ponsel semakin penuh bisa jadi hal ini yang membuat unduhan aplikasi di Play Store berhenti terunduh atau terinstal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.