Kompas.com - 09/05/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - iMessage memiliki cukup banyak fitur yang lumayan menarik, salah satunya seperti fitur polling atau jajak pendapat. Dengan fitur tersebut, Anda bisa meminta pendapat terkait sesuatu hal pada anggota di grup iMessage.

Fitur polling iMessage ini sama halnya dengan yang tersedia di aplikasi pesan instan lain, misalnya seperti Telegram dan Signal. Jadi, Anda dapat membuat formulir yang berisi pertanyaan dan pilihan jawabannya.

Baca juga: Cara Reset iPhone Tanpa Password via iTunes dengan Mudah

Kemudian, anggota lain yang berada di grup iMessage dapat mengirimkan suara atau pendapat pada formulir tersebut. Suara yang terkumpul di formulir itu dapat menjadi pertimbangan untuk memutuskan atau menilai suatu hal.

Bila Anda pengguna aplikasi pesan instan khusus gadget Apple ini, untuk membuat polling di grup itu sebenarnya cukup mudah. Namun, fitur polling tidak bisa langsung didapat melalui iMessage.

Anda perlu mengunduh dan memasang (instal) terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga penyedia fitur polling iMessage melalui App Store. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan cara membuat polling di grup iMessage.

  • Buka grup iMessage Anda, kemudian klik ikon aplikasi App Store
  • Setelah jendela App Store terbuka, cari aplikasi bernama “Polls for iMessage”, kemudian unduh dan pasang aplikasi tersebut
  • Setelah itu, cari logo aplikasi Polls for iMessage di bilah menu iMessage
  • Ketuk logo aplikasi Polls for iMessage dan klik opsi “Get Started”
  • Buat nama polling dan pilihan pendapatnya, kemudian klik opsi “Send Poll”
  • Lalu, formulir polling dikirim ke ruang obrolan grup iMessage
  • Untuk mengisi polling, caranya cukup klik formulir tersebut dan pilih pendapat yang tersedia, lalu klik opsi “Send Vote”.

Ilustrasi cara membuat polling di grup iMessageKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat polling di grup iMessage

Perlu diketahui, untuk membuat grup pada iMessage, caranya adalah buat dan kirimlah pesan ke lebih dari satu kontak. Setelah itu, iMessage akan otomatis membuat ruang obrolan grup. Dari ruang obrolan itu, Anda bisa membuat dan mengirim formulir polling.

Sementara itu, fitur polling ini tidak hanya bisa digunakan untuk ruang obrolan di grup iMessage, melainkan juga pada private chat. Sebagai tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1.

Baca juga: 3 Cara Mengubah Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook

Beda versi sistem operasi yang dipakai, mungkin bakal membuat beda juga letak opsi dan tahapannya. Demikian informasi mengenai cara membuat polling di grup iMessage, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.