Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Video di Snapchat dengan Mudah

Kompas.com - 10/05/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna aktif media sosial mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi Snapchat. Namun, bagi mereka yang belum pernah memakai aplikasi ini mungkin bakal bertanya apa itu Snapchat.

Perlu diketahui, Snapchat adalah aplikasi pesan foto atau video. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat berbagi video atau foto dan juga berkirim pesan, layaknya Instagram.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

Snapchat bisa dikatakan sebagai pelopor fitur Story atau berbagi cerita lewat foto dan video, yang banyak dipakai di beberapa aplikasi media sosial saat ini. Sebelum Instagram memiliki fitur Story, Snapchat telah lebih dulu memilikinya.

Snapchat saat ini mungkin kurang familiar di Indonesia. Berdasar data yang dirilis Statista per Januari 2022, aplikasi ini paling banyak dipakai di India dengan terdapat sekitar 126 juta pengguna.

Mengikuti India, Snapchat juga banyak dipakai di Amerika Serikat dengan terdapat sekitar 107 juta pengguna. Kendati tak cukup banyak dipakai di Indonesia, Snapchat sebenarnya kini memiliki fitur yang lumayan menarik untuk dicoba.

Salah satunya adalah fitur Spotlight. Melalui Spotlight Snapchat, pengguna dapat membuat video berdurasi singkat 60 detik untuk dibagikan ke linimasa secara publik sama seperti TikTok.

Video yang dibuat di Snapchat tak hanya bisa dibagikan lewat Spotlight, melainkan juga Story dan private chat. Tiap saluran berbagi video di Snapchat memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Jika video yang dibagikan di Spotlight bisa dilihat secara publik, lain halnya dengan Story dan private chat. Video yang dibagikan lewat Story hanya dapat dilihat oleh beberapa pengguna lain yang telah ditambahkan ke dalam daftar kontak.

Sedangkan video yang dibagikan lewat private chat, hanya dapat dilihat oleh kontak yang dipilih menjadi penerima pesan. Semua pembuatan video lewat tiga saluran itu, bisa dipercantik dengan beberapa tambahan, seperti efek animasi dan musik.

Bila Anda ingin mengetahui bagaimana cara bikin video di Snapchat, coba simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengubah Lokasi atau Fake GPS di iPhone dengan Aplikasi AnyGo

Cara membuat video di Snapchat

  • Buka aplikasi Snapchat yang telah terinstal di ponsel Anda dan pastikanlogin menggunakan akun yang telah terdaftar sebelumnya
  • Setelah itu, pada halaman awal aplikasi, klik opsi “Camera”
  • Tambahkan efek animasi bila tertarik menggunakannya dengan mengetuk ikon emoji
  • Tambahkan potongan musik dengan mengetuk dengan mengakses menu samping
  • Tekan dan tahan ikon bulat putih di tengah untuk mulai merekam video
  • Setelah selesai merekam video, halaman preview atau tinjauan bakal muncul
  • Pada halaman preview, Anda bisa menyunting video dengan menambahkan teks, coretan, dan sebagainya, melalui menu samping
  • Selesai menyunting, Anda bisa membagikan video tersebut
  • Klik opsi “+Cerita” untuk membagikan video ke Story
  • Klik opsi “Kirim Ke” untuk membagikan video ke Spotlight atau private chat.

Ilustrasi cara membuat video di SnapchatKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat video di Snapchat

Anda bisa melihat semua video yang telah dibuat di Snapchat dengan mengakses ikon profil yang tertera di pojok kanan atas layar aplikasi, atau bisa juga dilihat di menu “Chat” bila video hanya dibagikan ke kontak tertentu lewat private chat.

Mudah bukan membuat video di Snapchat? Sebagai catatan, cara membuat video di Snapchat tersebut dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1. Beda versi sistem operasi yang digunakan, mungkin bakal beda juga letak opsi dan tahapannya.

Baca juga: Cara Rekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Itulah penjelasan mengenai cara membuat video di Snapchat dengan mudah, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com