Kompas.com - 10/05/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri lagi, smartphone kini tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, melainkan juga untuk menyimpan data pribadi.

Aplikasi yang terpasang di smartphone berisi data-data penting bersumber dari aktivitas pengguna, misalnya seperti riwayat penelusuran internet, riwayat transaksi, data diri, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Rekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Data yang tersimpan pada sebuah aplikasi di smartphone itu mungkin tidak bisa dibagi ke sembarang orang. Salah satu cara supaya data pribadi tersebut tidak diakses sembarang orang adalah dengan menyembunyikan aplikasinya.

Beberapa smartphone keluaran terbaru telah dilengkapi dengan fitur menyembunyikan aplikasi, termasuk Xiaomi. Dengan fitur tersebut, akses data pribadi oleh sembarang orang bisa diminimalisir saat smartphone mungkin tengah dipinjam.

Pada HP Xiaomi, aplikasi yang disembunyikan oleh pengguna bakal tersimpan di halaman khusus. Jadi saat HP Xiaomi sedang dipinjam orang lain, mereka tidak bakal bisa mengakses aplikasi tersebut di layar “Home”.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi itu cukup mudah karena tidak membutuhkan dukungan dari aplikasi pihak ketiga. Menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan bernama “Hidden App” atau “Apl Tersembunyi”.

Bila Anda penasaran dengan bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi, berikut merupakan penjelasannya.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi

  • Buka aplikasi Keamanan yang biasanya terdapat di layar “Home” HP Xiaomi
  • Gulir ke bawah hingga menemukan kolom “Alat”
  • Lalu, pilih opsi “Apl Tersembunyi” atau “Hidden App”
  • Setelah daftar aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi muncul, aktifkan fitur Hidden App pada aplikasi tertentu.

Ilustrasi cara menyembunyikan aplikasi di HP XiaomiKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi

Apabila telah mengaktifkan fitur Hidden App maka aplikasi tidak akan termuat di halaman layar “Home”. Aplikasi yang telah disembunyikan akan tersimpan di halaman khusus.

Untuk mengakses aplikasi yang telah disembunyikan, caranya arahkan dua jari tanggan membentuk gerakan zoom out atau memperlebar di layar “Home”. Dengan gerakkan tersebut, halaman kumpulan aplikasi yang disembunyikan bakal muncul setelahnya.

Kemudian, Anda bisa mengakses aplikasi yang disembunyikan lewat halaman tersebut. Sementara itu, untuk mengembalikan aplikasi yang disembunyikan, caranya cukup nonaktifkan fitur Hidden App di opsi “Hidden App” pada aplikasi Keamanan.

Sebagai informasi tambahan, cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi tersebut dijajal pada perangkat Redmi Note 10 Pro dengan versi antarmuka (UI) MIUI 12.5.4. Beda versi UI, mungkin bakal beda juga letak opsi dan tahapannya.

Baca juga: Cara Membuat HP Android atau iPhone Jadi CCTV

Demikian penjelasan seputar cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi biar tak diakses sembarang orang, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.