Kompas.com - 10/05/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara supaya akun WhatsApp tidak mudah dibajak atau diretas oleh orang asing adalah dengan mengaktifkan fitur Two Step Verification atau Verifikasi Dua Langkah.

Sebagian dari Anda mungkin bertanya apa guna Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp, sehingga dapat meminimalisir tindakan peretasan. Saat hendak login akun WhatsApp pertama kali, Anda bakal diminta memasukkan kode OTP.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Kode OTP tersebut berfungsi untuk memverifikasi keabsahan pengguna. Dengan mengaktifkan Two Step Verification, akun WhatsApp milik Anda bakal mendapat semacam pengaman tambahan berupa PIN.

Jadi, Anda juga harus memasukkan PIN yang terdiri dari enam digit angka ke WhatsApp ketika hendak login, setelah memasukkan kode OTP yang biasanya diterima melalui pesan SMS.

Dengan demikian, adanya PIN tersebut membuat akun tak mudah diakses oleh orang lain, kendati mungkin ia telah mendapat kode OTP untuk login WhatsApp.

Sementara itu, fitur Two Step Verification WhatsApp bisa diaktifkan dengan mudah. Cara umumnya adalah dengan mengakses opsi “Verifikasi Dua Langkah” yang berada di opsi “Akun” pada menu “Pengaturan” aplikasi WhatsApp.

Saat mengaktifkan Two Step Verification WhatsApp, Anda diminta untuk membuat PIN pengamanan yang berisi enam digit angka, berikut dengan mendaftarkan alamat e-mail aktif sebagai wadah bila terjadi lupa PIN nantinya.

PIN Two Step Verification WhatsApp hendaknya selalu diingat dan jangan sampai dibagikan secara sembarangan ke orang lain. Lupa PIN Verifikasi Dua Langkah WhatsApp mungkin bakal sedikit membuat repot.

Bila sampai lupa maka Anda perlu untuk mengatur ulang atau reset PIN Verifikasi Dua Langkah WhatsApp saat hendak login akun. Cara reset Verifikasi Dua Langkah bisa dilakukan via e-mail yang tadi telah didaftarkan sebelumnya, berikut penjelasannya.

Cara reset Verifikasi Dua Langkah WhatsApp dengan e-mail

  • Buka aplikasi WhatsApp, masukkan kode OTP
  • Kemudian, klik opsi “Lupa Pin?” dan pilih opsi “Kirim E-mail”
  • WhatsApp bakal mengirim tautan ke alamat e-mail yang telah didaftarkan sebelumnya, untuk mengatur ulang PIN Verifikasi Dua Langkah
  • Buka tautan tersebut dan klik opsi “Konfirmasi”
  • Selanjutnya, kembali ke aplikasi WhatsApp dan klik lagi opsi “Lupa Pin?”, lalu atur ulang PIN baru Anda.

Mendaftarkan e-mail saat mengaktifkan Two Step Verification WhatsApp itu bersifat opsional. Namun, bila Anda tidak mendaftarkan e-mail, mungkin bakal lebih kesulitan lagi saat lupa PIN Verifikasi Dua Langkah WhatsApp.

Kendati bakal lebih sulit,i bukan berarti tidak bisa mengatur ulang PIN Verifikasi Dua Langkah WhatsApp tanpa e-mail. Dikutip dari laman resmi WhatsApp, Reset PIN tetap bisa dilakukan, tapi prosesnya cukup memakan waktu, berikut penjelasannya.

Cara reset Verifikasi Dua Langkah WhatsApp tanpa e-mail

  • Buka WhatsApp Anda, masukkan kode OTP
  • Bila belum menyertakan e-mail saat mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp, tunggulah hingga tujuh hari kemudian
  • Kemudian, buka kembali WhatsApp Anda dan klik opsi “Lupa Pin?” dan atur ulang Pin baru Anda.

Baca juga: 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Jarang Diketahui, Sudah Coba?

Demikian informasi seputar dua cara reset Verifikasi Dua Langkah WhatsApp, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.