Trafik Data Indosat-Tri Naik hingga 27 Persen Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 11/05/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, periode libur lebaran seringkali membuat operator seluler di Indonesia panen traffic (lalu-lintas) data. Seperti yang dialami Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) pada masa libur Idulfitri 2022 ini, misalnya.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (11/5/2022), perusahaan hasil merger operator seluler Indosat-Tri itu mencetak kenaikan trafik data hingga 13 persen selama masa libur Lebaran 2022, dibanding dengan hari biasa (normal) tahun ini.

Bila dibandingkan dengan masa libur Lebaran 2021, pertumbuhan trafik data harian tertinggi terjadi pada tanggal 29 April 2022, dengan kenaikan lalu lintas data mencapai 27 persen.

IOH merinci, sejumlah layanan yang pemakaian trafik datanya meningkat selama periode libur Lebaran 2022.

Baca juga: 5 Cara Cek Sisa Kuota Indosat Lewat Online dan Kode UMB

Tahun ini, trafik layanan messaging dan video call (pesan dan panggilan video) meningkat paling tinggi dibanding dengan layanan lainnya, yakni sebesar 43 persen.

Lalu, layanan mobile gaming yang diakses melalui jaringan Indosat-Tri juga mengalami kenaikan sebesar 25 persen, dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu. Adapun aplikasi gaming yang paling banyak digunakan adalah Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

IOH mencatat, trafik layanan media sosial naik 15 persen serta layanan streaming video dan musik meningkay 19 persen.

Aplikasi YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini.

Untuk wilayah, IOH mengungkapkan peningkatan trafik data terjadi di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa, seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi.

IOH melihat, kenaikan trafik data juga naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa. Misalnya seperti di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Baca juga: Telkomsel dan XL Tegas Matikan 3G Tahun Ini, Indosat Belum Jelas

Dalam keterangan resminya, IOH menyebutkan bahwa pelanggan Tri dan IM3 tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik, khususnya di layanan data.

Menurut Indosat Ooredoo Hutchison, sekitar 97 persen trafik data di jaringan Indosat-Tri sudah terlayani di jaringan 4G.

“Sesuai dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami berharap jaringan terintegrasi dengan dukungan ekosistem digital IOH yang lengkap akan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini," kata Vikram Sinha selaku President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.