Pengembang Mobile Legends Digugat, Dituduh Menjiplak Game Wild Rift

Kompas.com - 11/05/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Pengembang game populer Mobile Legends, Moonton, digugat dan dituduh melakukan plagiarisme untuk game besutannya.

Moonton digugat dan disebut meniru konten dan materi promosi game League of Legends: Wild Rift untuk digunakan di Mobile Legends.

Pihak yang melayangkan gugatan tersebut adalah Riot Games, yang tak lain merupakan pengembang sekaligus penerbit game League of Legends: Wild Rift.

League of Legends: Wild Rift besutan Riot Games dan Mobile Legends besuten Moonton memiliki gameplay yang serupa. Kedua game tersebut juga sama-sama masuk dalam kategori game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

Baca juga: Harga Diamond Mobile Legends, Free Fire dkk Naik, Ini Daftarnya

Dalam gugatan yang diajukan pada Senin (9/5/2022) di Pengadilan Distrik AS wilayah California, Riot mengatakan bahwa Moonton dengan sengaja "menumpang" popularitas League of Legends: Wild Rift.

Riot Games yang berbasis di Los Angeles, merilis "Wild Rift" di Amerika Serikat tahun lalu. Menurut gugatan Riot, Moonton melakukan "penyalinan yang disengaja dan berkelanjutan", dan meniru aspek baru di Wild Rift ketika Riot memperbarui gamenya.

"Selama bertahun-tahun, saat Riot memperbarui gamenya (Wild Rift), Moonton akan menyalinnya. Ketika Riot memperbarui materi promosi game, Moonton menyalinnya. Dan ketika Riot merilis trailer baru, Moonton menyalinnya," tulis Riot Games dalam gugatannya.

"Ini adalah masalah kritis bagi Riot," lanjut Riot Games.

Baca juga: Akun Riot Games Dilapisi Keamanan 2 Langkah, Begini Cara Aktifkan

Dalam gugatan tersebut, Riot mengatakan bahwa Moonton telah menjiplak League of Legends: Wild Rift, setidaknya sejak awal tahun 2015.

Di dunia maya, seorang pengguna twitter dengan handle @spideraxe30 menunjukkan sejumlah konten Mobile Legends yang diduga hasil tiruan dari Wild Rift. Konten tersebut di antaranya adalah karakter atau hero yang bisa digunakan pemain.

Bukan yang pertama

Dirangkum KompasTekno dari Game Industry, Rabu (11/5/2022), ini bukanlah pertama kalinya Riot Games melayangkan gugatan pada Moonton.

Pada 2017 lalu, Riot Games juga pernah melayangkan gugatan pada Moonton. Kala itu, Mobile Legends dianggap melanggar hak cipta judul League of Legends versi PC.

Namun, kasus tersebut dihentikan pada akhir 2017 karena masalah tersebut dianggap seharusnya diselesaikan oleh pengadilan China.

Baca juga: Sama-sama Game MOBA, Ini Bedanya Wild Rift dan Mobile Legends

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.