Riset: Indonesia Pengguna VPN Terbesar Ketiga di Dunia

Kompas.com - 11/05/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Pada 2019, Indonesia menempati urutan pertama dalam jumlah pengunduhan VPN, mengalahkan China dan India. Pada awal 2022 ini, Indonesia juga masih menjadi negara teratas dengan penggunaan VPN paling banyak di dunia.

Setidaknya begitulah menurut laporan "Digital 2022 - April Global Statshot Report" yang dipublikasi oleh Hootsuite dan We Are Social.

Menurut laporan tersebut, sebanyak 38,9 persen pengguna internet di Indonesia (usia 16 hingga 64 tahun) menggunakan VPN, setidaknya untuk beberapa aktivitas online mereka.

Jumlah pengguna internet di Indonesia sendiri dilaporkan mencapai 204,7 juta jiwa per Januari 2022. Atau 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 277,7 juta jiwa.

Baca juga: Lebih dari 90 Persen Warganet Indonesia Mengakses Internet lewat Ponsel

Hal ini sebagaimana tertuang dilaporan Digital 2022 khusus untuk Indonesia yang juga dipublikasi oleh Hootsuite dan We Are Social.

Jadi, bila mengacu dengan angka tersebut, maka ada sekitar 79,6 juta pengguna internet di Indonesia yang menggunakan Virtual Private Network ketika internetan.

Persentase pengguna VPN di Indonesia yang mencapai 38,9 persen itu membuat Indonesia menjadi negara nomor tiga di dunia dengan pengguna VPN terbanyak di dunia.

Secara global, angka pengguna Virtual Private Network di Indonesia lebih tinggi dari rata-rata dunia yang hanya 27,7 persen.

Jumlah pengguna VPN di Indonesia ini juga lebih banyak dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN, seperti Vietnam (33 persen), Malaysia (32,4 persen), Thailand (25,7 persen), dan Filipina (25 persen).

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 10 negara dengan pengguna VPN terbanyak di dunia versi laporan Digital 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DataReportal, Rabu (11/5/2022):

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.