Kompas.com - Diperbarui 24/05/2022, 07:30 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Salah satu fitur WhatsApp yang memudahkan pengguna menggunakannya di PC adalah WhatsApp Web. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu masuk ke laman WhatsApp Web melalui peramban dan login menggunakan kode QR lewat ponsel.

Umumnya seluruh fitur berfungsi dengan baik, namun adakalanya pengguna mengalami gangguan atau error saat menggunakan WhatsApp Web.

Beberapa penyebab WhatsApp Web tidak berfungsi dengan baik terkadang bisa jadi dikarenakan VPN yang menyala, koneksi yang tidak stabil, dan lainnya. Untuk selengkapnya berikut ini KompasTekno rangkum cara mengatasi WhatsApp Web yang error.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Pastikan WhatsApp di ponsel Anda berfungsi dengan baik

Ketika WhatsApp Web error dan tidak berfungsi secara normal salah satunya tidak dapat menerima atau mengirim pesan, pastikan untuk mengecek apakah aplikasi WhatsApp pada ponsel juga tidak dapat mengirim atau menerima pesan.

Jika pada aplikasi ponsel WhatsApp tidak dapat mengirim atau menerima pesan kemungkinan hal tersebut juga berpengaruh pada WhatsApp Web.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat cek ulang jaringan internet pada ponsel. Jika memungkinkan gunakan jaringan WiFi agar koneksi internet tetap lancar dan aplikasi dapat berjalan lebih baik.

Log out WhatsApp Web dan masuk kembali

Untuk mengatasi WhatsApp Web yang error atau mengalami bug, cobalah untuk me-logout WhatsApp Web dan kembali login dengan memindai kode QR web.

Terkadang cara ini dinilai dapat mengembalikan kinerja fitur seperti semula dan pengguna dapat menggunakannya secara lancar kembali.

Untuk logout WhatsApp Web, klik menu titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Log out/keluar” selanjutnya login kembali dengan memindai kode QR WhatsApp Web.

Baca juga: Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Gunakan mode incognito di peramban

Jendela browser biasanya akan menyimpan banyak cache, cookie, dan file lainnya yang terkadang dapat menganggu kinerja WhatsApp Web.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.