Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Teka-Teki Wordle Ubah Jawaban Kata Ini karena Dianggap Kontroversial

Kompas.com - 11/05/2022, 16:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game teka-teki kata populer, Wordle sempat pengubah jawaban pada Senin, 9 Mei lalu. Hal itu dilakukan karena kata yang menjadi jawaban Wordle di hari itu, dianggap sensitif karena sedang menjadi isu yang kontrovesial di Amerika Serikat (AS) .

Bagi yang belum familiar, game Wordle akan menantang pemainnya menebak kata dalam Bahasa Inggris yang berbeda setiap harinya, dengan petunjuk sesedikit mungkin.

Nah, di tanggal 9 Mei lalu, kata yang digunakan sebagai jawaban, dinilai mengandung muatan politik dan sensitif. Sehingga, New York Times, perusahaan media yang mengakuisisi Wordle bulan Januari lalu, mengubah kata tersebut sebagai jawaban di hari yang sama.

Baca juga: New York Times Akuisisi Game Teka-teki Kata Wordle

Kata yang dinilai kontroversial itu adalah "fetus", yang dalam bahasa Indonesia berarti janin. Kata "janin" menjadi sensitif, terutama di AS. Sebab, awal bulan Mei lalu, beredar bocoran draf dokumen tentang pendapat hakim Agung yang menentang keputusan Roe v Wade, yakni tentang legalisasi aborsi yang sudah berjalan hampir 50 tahun.

Jawaban lama masih muncul

Bocoran draft tersebut lalu memicu kontroversi, terutama dari jutaan perempuan di AS. Menurut laporan Daily Mail yang dirangkum KompasTekno, Rabu (11/5/2022), kata "shine" menjadi jawaban baru Wordle di hari itu menggantikan "fetus".

Akan tetapi, sistem Wordle rupanya tidak bisa mengubah seluruh jawaban secara bersamaan.
Walhasil, beberapa pemain masih mendapati "fetus" sebagai jawaban yang benar.

"Beberapa pemain mungkin masih mendapati jawaban lama yang tampaknya berkaitan dengan peristiwa besar baru-baru ini," kata New York Times dalam portal resminya.

Baca juga: Pesan Tersembunyi Muncul di Google Hari Ini ketika Ketik Wordle

New York Times menegaskan, perusahaan ingin agar seluruh game yang dimilikinya, bertujuan untuk hiburan dan mengisi waktu luang. Termasuk dengan Wordle, yang ingin dipisahkan dari berita, produk utama New York Times.

"Saat pekan lalu kami menemukan kata "khusus" ini akan ditampilkan (sebagai jawaban) hari ini (Senin, 9 Mei 2022), kami menggantinya untuk sebanyak mungkin pemain. Anda tidak akan menerima jawaban versi lama apabila Anda memuat ulang jendela browser," tulis pihak New York Times.

Baca juga: Tips Main Wordle, Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

Asal tahu saja, selain konten jurnalistik, New York Times juga memiliki beberapa game ringan, seperti Tiles, The Crossword, Spelling Bee, dan masih banyak lainnya.

Beberapa game bisa diakses gratis seperti Wordle, namun beberapa lainnya hanya bisa diakses oleh pelanggan berbayar saja.

New York Times mengatakan, bahwa munculnya kata "fetus" sebagai jawaban bukanlah hal yang disengaja, melainkan kebetulan semata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com