Kamera Portabel Pintar Canon PowerShot PICK Dirilis di Indonesia, Harga Rp 9,5 Juta

Kompas.com - 11/05/2022, 18:06 WIB
Kamera portabel pintar Canon PowerShot PICK bisa memotret dan merekam video secara candid atau tanpa disadari subyek. DatascripKamera portabel pintar Canon PowerShot PICK bisa memotret dan merekam video secara candid atau tanpa disadari subyek.

KOMPAS.com - Canon melalui distributor resminya, Datascrip merilis kamera portabel pintar bernama PowerShot PICK di Indonesia. Sesuai namanya, kamera pintar ini bisa dimanfaatkan untuk memotret dan merekam video secara otomatis.

Dengan PowerShot PICK, tidak akan lagi diperlukan operator kamera alias "kameramen dadakan" yang seringnya tidak masuk dalam frame foto atau video.

PowerShot PICK dilengkapi dengan pemrosesan Artificial Intelligence (AI) yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan subjek yang hendak difoto atau direkam pada sistem kamera.

Setelah subyek didaftarkan, PowerShot PICK akan melakukan fokus pada subyek tersebut. Kemudian, kamera akan mengambil gambar atau merekam video secara candid atau tanpa disadari subyek. Tidak hanya itu, kamera ini juga bisa dioperasikan lewat perintah suara.

Baca juga: Video: Review Canon EOS M50 Mark II, Kamera Mirrorless Anti Ribet

"Kamera ini dilengkapi fitur built-in teknologi face-capture yang akan secara otomatis mengenali wajah di sekitarnya dan mampu menangkap ekspresi natural pada subjek, tanpa pengguna harus berada di belakang kamera," kata Canon Business Unit Director PT Datascrip, Monica Aryasetiawan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (11/5/2022).

Dalam merancang PowerShot PICK, Canon turut menggunakan sebuah algoritma yang diklaim mampu melacak wajah subjek di sekitar setelah diaktifkan.

Algoritma ini kemudian akan melakukan penyesuaian pada komposisi bidikan berdasarkan informasi wajah dengan mode pan (mengarahkan kamera dalam arah sumbu X atau ke kiri dan ke kanan), tilt (memiringkan kamera), dan zoom (perbesar) yang digunakan pada kamera dengan mekanisme PTZ.

Baca juga: Imbas Kelangkaan Chip, Canon Pasang Kartrid Printer Polosan

Spesifikasi Canon PowerShot PICK

Canon PowerShot PICK.dok. Datascrip Canon PowerShot PICK.

Canon PowerShot PICK hadir dengan spesifikasi sensor CMOS 1/2.3 inci yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP dan perekaman video pada kualitas Full HD 1080/60p.

Lensa pada PowerShot PICK dapat berputar hingga 340 derajat dengan kemiringan ke atas dan ke bawah sebesar 110 derajat. Lensa tersebut memiliki focal-length 19-57 mm yang dapat dimanfaatkan pengguna saat hendak berfoto dengan banyak orang di sebuah ruangan sempit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.