Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Xperia 1 IV Resmi Meluncur, Harga Rp 23 Juta

Kompas.com - 11/05/2022, 18:37 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Sony resmi memperkenalkan ponsel flagship terbarunya, yakni Sony Xperia 1 IV atau dibaca Sony Xperia One Mark Four. Ponsel ini merupakan suksesor dari ponsel Sony Xperia 1 III yang dirilis pada April 2021.

Sebagai model terbaru, Sony Xperia 1 IV membawa sejumlah peningkatan, terutama di aspek kamera telefoto di bagian punggungnya.

Kini, Sony Xperia 1 IV dibekali kamera telefoto 12 MP dengan lensa variable zoom berjangkauan 85mm (f/2.3, zoom optis 3,5x) hingga 125mm (f/2.8. zoom optis 5.2x).

Sebelumnya, Sony Xperia 1 III hanya dibekali kamera telephoto 12 MP dengan lensa variable zoom berjangkauan 70mm (ekuiv, full frame, f/2.4, zoom optis 3x) hingga 105mm (ekuiv. full frame, f/2.8. zoom optis 4,4x).

Baca juga: Sony Diam-diam Rilis Xperia 10 III Lite, Harganya?

Tak hanya jangkauannya saja yang semakin besar, kamera telefoto di Sony Xperia 1 IV juga kini sudah menyertakan teknologi "continuos optical zoom 85-125mm".

Teknologi ini disebut-sebut yang pertama kali disematkan pada sebuah smartphone.

Lensa kamera di smartphone sendiri biasanya hanya memiliki satu focal length (fixed), termasuk untuk range telephoto. Misalnya, ada ponsel yang memiliki dua lensa telephoto, 70mm dan 240mm.

Hasil foto di 70mm dan 240mm akan terlihat bagus karena memang berada di titik zoom optis native kedua lensa. Namun, hasil foto di antara kedua titik itu akan terlihat kurang bagus atau seperti foto hasil crop (dipotong), karena zoom dilakukan secara digital.

Nah, lensa telefoto Continuous Optical Zoom 85-125mm dari Sony disebut dapat melakukan zoom optis (optical zoom) secara kontinyu dari titik 85mm hingga 125mm, tanpa bantuan pembesaran digital.

Baca juga: Infinix Zero 5G Resmi Meluncur, Bawa Kamera Zoom 30x

Mekanisme zoom optisnya mirip dengan lensa variable zoom yang biasa ditemukan di kamera DSLR dan mirrorles, yakni dengan menggerakkan elemen-elemen lensa maju dan mundur untuk mengubah focal length.

Konfigurasi tiga kamera belakang Sony Xperia 1 IV.PetaPixel Konfigurasi tiga kamera belakang Sony Xperia 1 IV.
Selain kamera telefoto 12 MP, Sony Xperia 1 IV turut dibekali kamera utama (wide) 12 MP (f/1.7, 24mm) dan kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2, 16mm).

Ketiga kamera belakang tersebut sudah dilengkapi dengan Optical SteadyShot, Optical Image Stabilization (OIS) bikinan Sony.

Lalu, seluruh kamera belakang Xperia 1 IV ini juga dilengkapi dengan Real-time Eye Autofocus (AF), kemampuan pelacakan Real-time dari Sony, serta kemampuan merekam video beresolusi 4K hingga 120 fps.

Spesifikasi Sony Xperia 1 IV

Tampang depan dan belakang Sony Xperia 1 IV.GSMArena Tampang depan dan belakang Sony Xperia 1 IV.
Untuk spesifikasi layarnya, Xperia 1 IV menggunakan panel AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi 4K, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan sudah dilindungi kaca Gorilla Glass Victus.

Tingkat kecerahan (brightness) pada ponsel ini disebut 50 persen lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com