Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Smartphone "Murah" Pixel 6A, Ini Harganya

Kompas.com - 12/05/2022, 07:28 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Seperti rumor yang beredar sebelumnya, Google akhirnya meluncurkan Pixel 6A dalam konferensi pengembang tahunan, Google I/O 2022 pada Rabu (11/5/2022) waktu AS atau Kamis (12/5/2022) dini hari waktu Indonesia.

Smartphone ini menjadi alternatif bagi konsumen yang mendambakan Pixel 6 versi murah.

Mengingat Pixel 6A merupakan versi "ringan" dari Pixel 6 series, spesifikasi smartphone ini juga lebih rendah dari "saudaranya". Misalnya dari sisi layar yang lebih kecil, sampai resolusi kamera yang lebih rendah.

Walau dalam beberapa aspek spesifikasinya berbeda, chipset yang menyokong performa Pixel 6A, sama dengan Pixel 6 lainnya, yaitu Google Tensor.

Spesifikasi Google Pixel 6A

Di atas panggung Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, California, AS, Pixel 6A tampil dengan desain yang sama seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, baik dari gaya layarnya maupun punggung ponsel.

Layar Pixel 6A didesain memiliki lubang kecil untuk mengakomodasi kamera depan.

Baca juga: Cara Nonton Google I/O Malam Ini, Ada Android 13 dan Pixel Baru?

Layarnya menggunakan AMOLED dengan bentang 6,1 inci dan resolusi 2400 x 1080. Refresh rate layarnya hanya 60 Hz, lebih rendah dibanding Pixel 6 dan 6 Pro yang masing-masing sebesar 90 Hz dan 120 Hz.

Sementara bagian punggung ponsel dihias dengan modul kamera berbentuk persegi panjang dan kelir hitam, sehingga kontras dengan penampang perangkat. Modul kamera ini juga menonjol seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Bodinya juga dibingkai dengan material aluminium disertai pelindung layar Gorilla Glass. Hanya saja, Pixel 6A menggunakan Gorilla Glass 3 alih-alih Gorilla Glass Victus seperti Pixel 6 series lainnya.

Google Pixel 6A meluncur dalam ajang Google I/O 2022Google Google Pixel 6A meluncur dalam ajang Google I/O 2022
Beralih ke dapur pacunya, Pixel 6A ditenagai oleh chipset buatan Google sendiri, yaitu Google Tensor.

Chip ini dikembangkan dengan arsitektur 5 nm dan memiliki CPU octa-core dengan clockspeed 2,8 GHz. Urusan grafisnya, ditangani oleh GPU Mali-G78 MP20. Selain itu, Google juga menyematkan chip keamanan Titan M2 pada Pixel 6A.

Pada Pixel 6A, chip Tensor ini didampingi dengan RAM LPDDR5 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB yang didukung teknologi penyimpanan UFS 3.1.

Baca juga: Hal yang Ditunggu dari Google I/O 2022 Malam Ini, Pixel Watch hingga Update Android

Untuk aspek kamera, Pixel 6A dilengkapi dengan kamera ganda, resolusinya meliputi kamera utama 12,2 MP (f/1.7) yang didukung OIS serta kamera ultra wide 12 MP (f/2.2).

Sementara untuk menunjang swafoto dan panggilan video, smartphone ini menawarkan kamera depan 8 MP (f/2.0).

Pada aspek daya, Pixel 6A ditopang oleh baterai 4410 mAh. Google mengeklaim kapasitas tersebut menawarkan lebih dari 24 jam penggunaan normal dan hingga 72 jam dengan mode penghemat baterai diaktifkan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com