Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avatar 3D Instagram Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Kompas.com - 12/05/2022, 12:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Meta mengumumkan kehadiran fitur Avatar 3D untuk Instagram. Awalnya, fitur ini hanya tersedia di Facebook.

Fitur ini bisa digunakan untuk membuat replika atau gambaran diri dalam format animasi 3D.

Pantauan KompasTekno, Kamis (12/5/2022), fitur Avatar 3D sudah muncul di Instagram di Indonesia. Jadi, pengguna Instagram di Tanah Air yang kebagian, bisa langsung menjajalnya.

Fitur Avatar 3D tersedia melalui menu dengan ikon stiker di Instagram, seperti fitur GIF, musik dan lainnya.

Dengan menekan menu Avatar, pengguna akan diarahkan untuk membuat Avatar. Dari situ, pengguna bisa membuat Avatar sendiri, mulai dari memilih wajah, warna kulit, menentukan aksesori, pakaian dan lainnya.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur NFT, Kreator dan Kolektor Bisa Pamer Karya

Stiker avatar 3D sudah bisa dicoba di IndonesiaKOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Stiker avatar 3D sudah bisa dicoba di Indonesia
Opsi yang disediakan Instagram untuk membuat avatar pengguna terbilang lengkap. Sebab, setiap itemnya tersedia dalam jumlah yang banyak dengan opsi warna yang beragam.

Selain itu, item yang bisa dipilih juga cukup detail, termasuk warna alis, warna bola mata hingga beragam jenis kacamata, rambut. Instagram juga menyediakan opsi hijab dan bindi yang merupakan tanda merah yang biasanya dikenakan oleh orang India.

Setelah proses pembuatan Avatar selesai, Instagram akan menerbitkan stiker berdasarkan Avatar yang sudah dibuat pengguna. Jumlah stikernya juga cukup banyak sampai 40 stiker dengan gaya yang berbeda-beda.

Pengguna Instagram bisa membuat avatar dirinya melalui menu stiker. Nantinya, avatar tersebut akan hadir sebagai stiker yang bisa diunggah di Stories. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Pengguna Instagram bisa membuat avatar dirinya melalui menu stiker. Nantinya, avatar tersebut akan hadir sebagai stiker yang bisa diunggah di Stories.
Selanjutnya, stiker Avatar 3D pengguna dapat dibagikan melalui Instagram Stories hingga pesan (direct message/DM).

Di Instagram Stories, stiker avatar dapat disesuaikan ukurannya, begitu pula dengan penempatannya sebagaimana stiker dan item lain.

Namun, fitur Avatar 3D tampaknya baru didukung oleh Instagram versi mobile saja. Sebab, stiker dari Avatar 3D yang dikirimkan melalui DM tidak muncul pada Instagram versi dekstop maupun web.

Fitur ini tampaknya belum tersedia secara merata untuk semua pengguna di Indonesia. Sebab, beberapa akun yang KompasTekno gunakan, masih ada yang belum kebagian fitur ini.

Di halaman resmi Instagram pun masih tertulis bahwa fitur tersebut belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Mirip TikTok

Avatar 3D juga kabarnya dapat diunggah ke Instagram Feed. Namun, tampaknya dukungan ini belum tersedia untuk Instagram di Indonesia.

Cara membuat Avatar 3D Instagram

Fitur Avatar 3D tersedia pada menu berikon stiker. Jika Anda kebagian fitur tersebut dan ingin menjajalnya, klik menu Avatar dan ikuti tahap berikut:

  • Klik tombol mulai (Get started) yang tersedia untuk membuat Avatar 3D
  • Pilih warna kulit sesuai keinginan
  • Pilih gaya rambut dan warnanya
  • Pilih gaya pakaian yang cocok dengan Anda
  • Pilih item lainnya yang Anda ingingkan, seperti warna bola mata, bentuk mata, menggunakan aksesori seperti kacamata, topi dan lainnya
  • Jika dirasa cukup, tekan tombol "Done" atau selesai
  • Instagram akan memproses pembuatan Avatar dalam beberapa waktu
  • Tunggu hingga stiker Avatar Anda muncul dan bagikan ke Instagram Stories atau DM
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com