Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Layar Lipat Mendekati Kenyataan?

Kompas.com - 12/05/2022, 12:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Elec

KOMPAS.com - Apple dilaporkan telah mulai mengembangkan panel OLED baru yang tidak menggunakan lapisan polarizer. Layar ini disinyalir disiapkan untuk ponsel lipat buatan Apple.

Pasalnya, layar tanpa polarizer ini digunakan di beberapa perangkat lipat, seperti layar Samsung Galaxy Fold3 yang dirilis Agustus 2021, misalnya.

Sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada outlet media Korea Selatan, The Elec, tanpa lapisan polarizer, panel dapat dibuat menjadi lebih tipis. Alhasil, penel akan menjadi lebih optimal saat dilipat.

Lapisan polarizer sendiri berguna untuk meningkatkan visibilitas tampilan pada layar.

Baca juga: iPhone dengan Layar Lipat Mulai Dijajal?

Di sisi lain, lapisan polarizer sendiri biasanya berwarna gelap. Sehingga, penggunaannya di layar ponsel juga memengaruhi efisiensi pencahayaan di layar.

Biasanya, vendor ponsel akan meningkatkan konsumsi daya untuk demi meningkatkan kecerahan layar. Namun, ini juga dapat berdampak pada umur panel.

Layar tanpa polarizer di Galaxy Fold3

Perbedaan susunan panel OLED biasa dengan lapisan polarizer (kiri) dan susunan panel Eco OLED pada Galaxy Z Fold 3.Samsung Display Perbedaan susunan panel OLED biasa dengan lapisan polarizer (kiri) dan susunan panel Eco OLED pada Galaxy Z Fold 3.
Sebagai gambaran, dalam kasus Galaxy Fold3, ponsel lipat generasi terbaru dari Samsung ini menggunakan display model baru, bernama Eco2 (dibaca "Eco Square") OLED tanpa polarizer.

Dalam sebuah laman di situsnya, Samsung Display menjelaskan lapisan polarizer biasanya berwarna gelap sehingga perangkat membutuhkan cahaya lebih untuk bisa memberi tampilan jelas di layar.

Dengan meniadakan lapisan ini, Eco2 OLED menaikkan tingkat transmisi cahaya hingga 33 persen sehingga kamera bawah layar bisa bekerja optimal karena mendapat cukup cahaya.

Baca juga: Prototipe Ponsel Lipat Apple Seukuran iPhone 12 Pro Max

Meski demikian, panel Galaxy Fold3 tidak benar-benar tidak memiliki lapisan polarizer. Pasalnya, alih-alih polarizer konvensional, panel Eco2 OLED Galaxy Fold3 menggunakan menggunakan filter warna pada film tipis dan mengintegrasikannya pada panel.

Sederhananya, panel Eco2 OLED pada Samsung Galaxy Fold3 memiliki polarizer terintegrasi sehingga tidak membutuhkan lapisan polarizer tambahan yang digunakan untuk mengurangi pantulan cahaya serta meningkatkan kontras di layar OLED konvensional.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah Apple juga akan menggunakan polarizer terintegrasi seperti yang dilakukan Samsung.

Selain itu, perlu dicatat, Apple sendiri hingga saat ini belum mengonfirmasi soal kehadiran iPhone layar lipat (foldable iPhone) bikinannya. Sehingga belum bisa dipastikan panel OLED tanpa lapisan polarizer itu bakal digunakan di iPhone layar lipat atau tidak.

Baca juga: Inikah Wujud iPhone Layar Lipat?

Rumor iPhone layar lipat sejak 2016

Ini bukan pertama kalinya Apple dikabarkan mengerjakan iPhone dengan layar lipat.

Rumor keberadaan perangkat lipat pertama buatan Apple ini sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu. Akan tetapi, hingga saat ini Apple belum menelurkan satu pun perangkat layar lipatnya.

Halaman:
Sumber The Elec
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com