Kompas.com - 12/05/2022, 19:15 WIB
Screensaver adalah Kompas.com/soffyarantiScreensaver adalah
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Bagi para pengguna komputer, screensaver mungkin tidak asing dijumpai.  Screensaver sendiri merupakan program perangkat lunak yang akan muncul atau aktif setelah komputer tidak aktif selama jangka waktu tertentu.

Jika Anda masih merasa bingung apa yang dimaksud screensaver, setelah menggunakan laptop atau komputer, cobalah untuk mendiamkannnya dalam jangka waktu tertentu.

Setelah itu cobalah untuk menggoyangkan mouse atau menyentuh bagian touchpad. Nantinya akan muncul gambar screensaver sebelum masuk menggunakan program lainnya pada komputer.

Baca juga: 6 Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Screensaver sendiri umumnya akan menggunakan berbagai animasi atau gambar yang tersedia di kompuer. Namun, beberapa pengguna biasanya menggunakan gambar favoritnya yang bertujuan untuk memberikan sentuhan estetik pada layar komputernya.

Lantas apa sebenarnya kegunaan screensaver? Dilansir dari Tech Target, screensaver awalnya dirancang untuk membantu mencegah gambar atau teks mengalami burn-in atau pembakaran gambar yang dipindai ulang pada tampilan monitor CRT (Cathode Ray Tube).

Monitor CRT merupakan monitor jenis lama yang berada pada komputer tabung pada era 90-an hingga 2000-an. Sehingga bisa dikatakan screensaver menjadi pelindung dan mencegah layar terbakar atau meninggalakan jejak gambar. Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh tampilan layar yang burn in (terbakar).

Layar komputer burn inLifewire.com Layar komputer burn in

Apakah screensaver masih diperlukan saat ini?

Pada faktanya screensaver sekarang jarang dibutuhkan hal ini karena saat ini seluruh monitor PC kini didukung dengan layar LCD, dan akan jarang sekali mengalami burn in atau layar yang terbakar kecuali pada kondisi ekstrim, atau beberapa penyebab tertentu seperti pixel di dalam layar sudah tidak lagi bekerja secara responsif.

Maka dari itu screensaver pada monitor LCD saat ini tidak wajib digunakan karena tidak akan berfungsi untuk mencegah layar burn in atau terbakar. Namun, screensaver dapat digunakan untuk pengguna sebagai sentuhan estetik atau dekorasi pada layar maupun sebagai fitur keamanan.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Beli Laptop Baru agar Tidak Gampang Rusak

Mengapa berfungsi sebagai fitur keamanan bagi pengguna? Hal ini dikarenakan screensaver dapat menjadi “pintu” awal sebelum menggunakan PC atau laptop.

Jika terdapat screensaver terpasang pda komputer Anda, ini akan membuat pengguna yang akan membuka layar diharuskan untuk memasukkan password yang telah Anda atur sebelumnya. Tentu hal ini akan mencegah orang lain mengakses komputer Anda secara sembarangan.

Apakah screensaver menghemat baterai?

Meskipun memiliki nama “saver” namun fitur screensaver tidak berfungsi untuk menghemat daya bataerai pada laptop atau PC. Ini dikarenakan screensaver tetap akan menghabiskan daya yang sama ketika komputer tetap menyala.

Meskipun kini penggunaan screensaver tidak terlalu penting bagi komputer, namun tidak ada salahnya untuk mengaktifkan screensaver untuk alasan keamanan sehingga mencegah pengguna lain mengoperasikan komputer Anda secara sembarangan.

Baca juga: Cara Pasang Filter Zoom Wajah Hewan di Laptop dan HP

Cara mengatur screensaver di Windows

  • Buka menu Windows di laptop atau komputer Anda
  • Klik “Settings”
  • Pilih “Personalization”
  • Klik “Lock Screen”
  • Gulir ke bawah hingga menemukan “Screen saver Settings”

Setelah itu atur gambar dan durasi screensaver yang diinginkan.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.