Apa Itu Vanish Mode Instagram dan Cara Mengaktifkannya

Kompas.com - 13/05/2022, 16:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Akhir 2020 lalu, Instagram telah merilis fitur bernama Vanish Mode yang memungkinkan chat yang dikirim pengguna via Direct Message (DM) dapat terhapus dengan sendirinya.

Saat pengguna mengaktifkan fitur vanish mode, chat yang akan terkirim mapun diterima akan terhapus saat pengguna keluar dari ruang obrolan Direct Message.

Mode ini berguna bagi Anda yang lebih mengutamakan privasi dalam bercakap dengan pengguna lain. Namun perlu diperhatikan, agar pesan DM terhapus secara otomatis, fitur ini harus diaktifkan oleh kedua pengguna baik pengirim maupun penerima pesan.

Untuk selengkapnya berikut ini cara mengaktfikan fitur vanish mode di ponsel Android maupun Iphone.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur NFT, Kreator dan Kolektor Bisa Pamer Karya

Cara mengaktifkan vanish mode Instagram

  • Buka aplikasi Instagram Anda
  • Klik ikon “Messenger” di pojok kanan atas
  • Klik kolom chatting salah satu pengguna
  • Masuk ke room chat
  • Usap ruang obrolan untuk mengaktifkan vanish mode
  • Untuk menonaktifkannya kembali, pengguna hanya perlu mengusap ke atas ruang obrolan kembali hingga tampil keterangan “Usap ke atas untuk menonaktifkan mode hilang”

Baca juga: Pesan di Instagram dan Messenger Kini Terhapus Otomatis dengan Vanish Mode

Fitur ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengirim obrolan atau percakapan rahasia dengan pengguna lain. Sebagai informasi, fitur hapus pesan otomatis ini sebenarnya lebih dulu ada di aplikasi pesan Snapchat.

Pada Snapchat, pesan akan terhapus secara otomatis setelah 24 jam sejak pertama kali pesan dibaca. Itu lah cara mengaktifkan fitur vanish mode Instagram. Semoga membantu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.