Kompas.com - 14/05/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Token kripto Terra Luna bikinan Terraform Labs menjadi topik hangat akhir-akhir ini karena harganya yang turun terus menerus sampai lebih dari 90 persen. Padahal pada April lalu, harga Terra Luna naik sampai 119 dolar AS (Rp 1,7 juta) per keping koin.

Stablecoin Luna yang disebut Terra USD (UST) juga menyusut lebih dari 50 persen. Namun perusahaan agak kesulitan memulihkan harganya karena solusi yang mungkin dilakukan, berisiko terhadap penurunan harga Terra Luna.

"Mekanisme stabilisasi harga adalah menyerap pasokan UST (lebih dari 10 persen dari total pasokan), namun di saat yang sama, upaya ini memperluas pertukaran token hingga 40 persen, sehingga harga Luna menurun drastis," kata CEO Terraform Labs, Do Kwon dikutip KompasTekno dari CyptoSlate, Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: Apa Itu Terra Luna Coin, Mengapa Harganya Anjlok dari Jutaan hingga Tinggal Rp 87?

Stablecoin sendiri berperan untuk mengamankan nilai aset kripto terkait berkat dukungan aset yang stabil seperti dolar AS. Namun, Terraform Labs menggunakan metode yang berbeda untuk menjaga harga UST tetap stabil, yaitu dengan memanfaatkan algoritma kompleks yang terkait pada Terra Luna.

Sayangnya konsep ini tak begitu ampuh menjaga nilai Terra Luna stabil. UST yang berperan menjaga nilai token kripto milik Terra juga ikut menyusut.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Terraform Labs, perusahaan dibalik token kripto Terra Luna dan UST menempuh upaya agar harga aset kriptonya bisa diselamatkan.

Menurut Kwon, solusi yang bisa ditempuh adalah dengan menarik pasokan stablecoin UST yang akan dilepas, sebelum harganya kembali stabil (repeg). Caranya dengan meningkatkan base pool dari 50 juta dolar AS menjadi 100 juta hak penarikan khusus (special drawing rights/SDR).

Selain itu, Kwon juga menyarankan agar perusahaannya mengurangi PoolRecoveryBlock dari 36 menjadi 18 untuk meningkatkan pencetakan UST dan Terra Luna dari 293 juta dolar AS menjadi 1,2 miliar dolar AS.

Baca juga: Harga Bitcoin hingga Terra Luna dkk Terus Merosot, Ini Penyebabnya

Dengan kata lain, solusi yang ditawarkan Kwon adalah dengan menggandakan cetak UST dari biasanya. Namun ia berkata tim Terraform akan tetap menjaga pasokan UST agar tidak berlebihan.

Hubungan Terra Luna dengan UST

Terra Luna memiliki peran penting dalam menjaga stablecoin Terra USD (UST) tetap stabil. Stablecoin sendiri adalah jenis uang kripto tertentu yang harganya sudah dipatok ke mata uang fiat yang diterbitkan oleh negara seperti dolar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.