Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Kompas.com - 17/05/2022, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Agensi marketing We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuite merilis laporan terbarunya yang berjudul "Digital 2022: April Global Statshot Report".

Secara umum, laporan tersebut menyajikan informasi tentang tren dan lanskap digital dan internet global untuk tahun 2022. Salah satu yang dijabarkan adalah jumlah pengguna yang gemar menikmati konten siaran dalam bentuk suara alias podcast.

Berdasarkan laporan tersebut, diketahui bahwa Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah pendengar podcast terbanyak di dunia.

Sekitar 35,2 persen pengguna internet Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun rajin mendengarkan podcast tiap minggunya.

Baca juga: Facebook Setop Layanan Podcast Bulan Depan

Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar mendengarkan podcast.DataReportal Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar mendengarkan podcast.
Indonesia berada di bawah Brazil sebagai negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia dengan 39 persen pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun yang getol mendengarkan podcast.

Di bawah Indonesia ada Meksiko, Swedia, Irlandia, dan Afrika Utara.

Keempat negara ini masing-masing hanya memiliki sekitar 34,3 persen, 27,6 persen, 27,4 persen, dan 25,7 persen pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun yang mendengarkan podcast tiap minggunya.

Jumlah pendengar podcast

Riset yang dirilis We Are Social dan Hootsuite ini sebenarnya tidak menyebutkan berapa jumlah pengguna di usia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar menikmati konten podcast tiap minggunya.

Namun, apabila mengacu pada hasil riset terpisah dari kedua lembaga tersebut yang ditujukan khusus Indonesia, yaitu yang berjudul "Digital 2022 Indonesia", jumlah pengguna internet di Indonesia disebut mencapai 204,7 juta per Januari 2022.

Angka tersebut merupakan 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang diklaim mencapai 277,7 juta jiwa, di mana lebih dari 75 persennya (lebih dari 208 juta jiwa) berusia 16 hingga 64 tahun.

Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar konten audio.DataReportal Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar konten audio.

Dengan kata lain, jika dihitung secara kasar, pengguna internat di Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun yang senang mendengarkan podcast tiap minggunya berjumlah lebih dari 73 juta jiwa (35,2 persen dari 208 juta jiwa).

Baca juga: Spotify Rilis Fitur Polling dan Kolom Tanya-Jawab untuk Podcast

Secara keseluruhan, konten podcast sendiri tampaknya makin digemari oleh pengguna internet di seluruh dunia, di mana jumlahnya mencapai 5 miliar pengguna internet.

Dari angka tersebut, sekitar 20,3 persen pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun suka menikmati konten podcast tiap minggu, di mana mayoritas penikmat didominasi oleh usia 16 hingga 24 tahun.

Informasi lebih lengkap mengenai riset Digital 2022: April Global Statshot Report ini bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com