Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Kompas.com - 17/05/2022, 09:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Agensi marketing We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuite merilis laporan terbarunya yang berjudul "Digital 2022: April Global Statshot Report".

Secara umum, laporan tersebut menyajikan informasi tentang tren dan lanskap digital dan internet global untuk tahun 2022. Salah satu yang dijabarkan adalah jumlah pengguna yang gemar menikmati konten siaran dalam bentuk suara alias podcast.

Berdasarkan laporan tersebut, diketahui bahwa Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah pendengar podcast terbanyak di dunia.

Sekitar 35,2 persen pengguna internet Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun rajin mendengarkan podcast tiap minggunya.

Baca juga: Facebook Setop Layanan Podcast Bulan Depan

Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar mendengarkan podcast.DataReportal Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar mendengarkan podcast.
Indonesia berada di bawah Brazil sebagai negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia dengan 39 persen pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun yang getol mendengarkan podcast.

Di bawah Indonesia ada Meksiko, Swedia, Irlandia, dan Afrika Utara.

Keempat negara ini masing-masing hanya memiliki sekitar 34,3 persen, 27,6 persen, 27,4 persen, dan 25,7 persen pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun yang mendengarkan podcast tiap minggunya.

Jumlah pendengar podcast

Riset yang dirilis We Are Social dan Hootsuite ini sebenarnya tidak menyebutkan berapa jumlah pengguna di usia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar menikmati konten podcast tiap minggunya.

Namun, apabila mengacu pada hasil riset terpisah dari kedua lembaga tersebut yang ditujukan khusus Indonesia, yaitu yang berjudul "Digital 2022 Indonesia", jumlah pengguna internet di Indonesia disebut mencapai 204,7 juta per Januari 2022.

Angka tersebut merupakan 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang diklaim mencapai 277,7 juta jiwa, di mana lebih dari 75 persennya (lebih dari 208 juta jiwa) berusia 16 hingga 64 tahun.

Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar konten audio.DataReportal Ilustrasi jumlah pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia yang gemar konten audio.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.