Kompas.com - 17/05/2022, 09:28 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Changi Aviation Summit, ajang pertemuan para pemimpin industri penerbangan dan pembuat kebijakan di Asia Tenggara, resmi dibuka hari ini, Selasa (17/5/2022).

Changi Aviation Summit digelar di Sands Expo and Convention Centre, Singapura, selama dua hari, 17-18 Mei 2022.

Dalam pertemuan ini, mereka akan menegaskan komitmennya dalam membangun kembali operasi penerbangan internasional, dengan cara yang sustainable dan inklusif, pasca-pandemi Covid-19.

Changi Aviation Summit yang juga bisa disebut sebagai konferensi tingkat tinggi (KTT)-nya para pemimpin industri penerbangan, dibuka oleh Menteri Transportasi Singapura, S. Iswaran.

Baca juga: Menhub Budi Karya Akan Bertemu Petinggi Airbus dan Boeing di Singapura

Menteri Transportasi Singapura,  S. Iswaran membuka Changi Aviation Summit, ajang pertemuan para pemimpin industri penerbangan dan pembuat kebijakan di Asia Tenggara.KOMPAS.com/Reska Koko Nistanto Menteri Transportasi Singapura, S. Iswaran membuka Changi Aviation Summit, ajang pertemuan para pemimpin industri penerbangan dan pembuat kebijakan di Asia Tenggara.
"Saat penerbangan global keluar dari krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya, kami berharap Changi Aviation Summit yang perdana akan berfungsi sebagai simbol pemulihan dan peremajaan untuk penerbangan internasional, dan pertanda peluang dan pertumbuhan baru," ujar Iswaran dalam pidatonya.

"Karena itu kita sebagai komunitas penerbangan global harus meningkatkan kerja sama lebih tinggi lagi, dan bersiap untuk pemulihan pasca-pandemi," lanjut Iswaran.

Changi Aviation Summit berisi diskusi panel dengan pembicara dari sektor publik dan swasta, tentang masalah yang dihadapi dalam membangkitkan lagi industri penerbangan setelah pandemi Covid-19, termasuk inovasi-inovasi yang akan dilakukan.

Seperti diketahui, mulai akhir Maret lalu, jumlah penumpang penerbangan internasional di dunia telah mencapai separuh dari masa sebelum pandemi, dengan dibukanya kembali perbatasan dan kemudahan perjalanan penerbangan.

Baca juga: 300 Pimpinan Industri Penerbangan Berkumpul di Singapura

Di Asia-Pasifik sendiri, Iswaran mengatakan volume pergerakan penumpang pada April lalu telah mencapai sekitar 20 persen, sementara di Eropa dan Amerika Utara mencapai 65 persen.

Dengan pembukaan perbatasan kembali dan pelonggaran perbatasan, pemulihan diperkirakan akan menguat. Negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan membuka kembali perbatasan untuk semua wisatawan yang divaksinasi penuh mulai April.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.