Kompas.com - 17/05/2022, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Layanan telekomunikasi Indosat Ooredo Hutchison dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan. Hal ini terlihat dari sejumlah cuitan pengguna di Twitter maupun situs pelacak gangguan web, Downdetector. 

Mayoritas keluhannya terkait dengan sinyal Indosat yang timbul tenggelam alias tidak stabil. Bila pun tersedia, jaringan yang didapatkan pengguna hanya berkualitas 'Edge'.

"Punyaku kadang pindah ke Edge," kata salah satu pengguna Indosat yang sedang berada di Jakarta Selatan kepada KompasTekno.

Namun kendala ini tampaknya hanya dialami oleh pengguna Indosat saja, tanpa melibatkan pelanggan Tri Hutchison.

Baca juga: Indosat-Tri Resmi Merger, Pelanggan Dapat Bonus Gratis Telepon dan Kuota TikTok

Menurut situs Downdetector, masalah yang paling banyak dilaporkan yaitu terkait tidak adanya sinyal. Gangguan lainnya yaitu terkait internet hingga blackout alias layanan sama sekali tidak bisa digunakan.

Gangguan sinyal Indosat dilaporkan melalui situs Downdetector sejak Selasa (17/5) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Namun sejak pukul 15.59, jumlah laporannya naik signifikan hingga 78 laporan. Laporan tertinggi tercatat pada pukul 18.32 dengan total 123 laporan.

Tangkapan layar situs Down Detector yang menampilkan grafik laporan Indosat Ooredoo error, Selasa 17 Mei 2022 sore. Laporan tertinggi terjadi pukul 18.27 WIB dengan jumlah 123 laporan.Down Detector Tangkapan layar situs Down Detector yang menampilkan grafik laporan Indosat Ooredoo error, Selasa 17 Mei 2022 sore. Laporan tertinggi terjadi pukul 18.27 WIB dengan jumlah 123 laporan.

Pengguna Indosat juga mengeluhkan adanya gangguan di Twitter. Salah satu pengguna mengeluh bahwa sinyal Indosat lenyap di Jakarta Selatan. Ia bahkan mendapati gangguan tersebut terjadi beberapa kali hari ini (17/5).

Pengguna lainnya juga mengaku mengalami gangguan yang sama, namun sedari pagi.

Ada pula yang terdampak gangguan sinyal Indosat hingga tak bisa mengakses aplikasi Zoom dengan stabil, sehingga ia bolak-balik keluar dengan sendirinya dari aplikasi tersebut.

"Ihhh Indosat lagi gangguan yaa, tadi zoom bolak-balik keluar mulu gara-gara sinyal jelek," cuit warganet dengan handle @nielshine23.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.