Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Indosat Ooredoo Dikeluhkan Bermasalah Selasa Malam

Kompas.com - 17/05/2022, 19:37 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan telekomunikasi Indosat Ooredo Hutchison dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan. Hal ini terlihat dari sejumlah cuitan pengguna di Twitter maupun situs pelacak gangguan web, Downdetector. 

Mayoritas keluhannya terkait dengan sinyal Indosat yang timbul tenggelam alias tidak stabil. Bila pun tersedia, jaringan yang didapatkan pengguna hanya berkualitas 'Edge'.

"Punyaku kadang pindah ke Edge," kata salah satu pengguna Indosat yang sedang berada di Jakarta Selatan kepada KompasTekno.

Namun kendala ini tampaknya hanya dialami oleh pengguna Indosat saja, tanpa melibatkan pelanggan Tri Hutchison.

Baca juga: Indosat-Tri Resmi Merger, Pelanggan Dapat Bonus Gratis Telepon dan Kuota TikTok

Menurut situs Downdetector, masalah yang paling banyak dilaporkan yaitu terkait tidak adanya sinyal. Gangguan lainnya yaitu terkait internet hingga blackout alias layanan sama sekali tidak bisa digunakan.

Gangguan sinyal Indosat dilaporkan melalui situs Downdetector sejak Selasa (17/5) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Namun sejak pukul 15.59, jumlah laporannya naik signifikan hingga 78 laporan. Laporan tertinggi tercatat pada pukul 18.32 dengan total 123 laporan.

Tangkapan layar situs Down Detector yang menampilkan grafik laporan Indosat Ooredoo error, Selasa 17 Mei 2022 sore. Laporan tertinggi terjadi pukul 18.27 WIB dengan jumlah 123 laporan.Down Detector Tangkapan layar situs Down Detector yang menampilkan grafik laporan Indosat Ooredoo error, Selasa 17 Mei 2022 sore. Laporan tertinggi terjadi pukul 18.27 WIB dengan jumlah 123 laporan.

Pengguna Indosat juga mengeluhkan adanya gangguan di Twitter. Salah satu pengguna mengeluh bahwa sinyal Indosat lenyap di Jakarta Selatan. Ia bahkan mendapati gangguan tersebut terjadi beberapa kali hari ini (17/5).

Pengguna lainnya juga mengaku mengalami gangguan yang sama, namun sedari pagi.

Ada pula yang terdampak gangguan sinyal Indosat hingga tak bisa mengakses aplikasi Zoom dengan stabil, sehingga ia bolak-balik keluar dengan sendirinya dari aplikasi tersebut.

"Ihhh Indosat lagi gangguan yaa, tadi zoom bolak-balik keluar mulu gara-gara sinyal jelek," cuit warganet dengan handle @nielshine23.

Gangguan sinyal Indosat juga dikeluhkan pengguna melalui layanan konsumen Indosat di Twitter, yaitu Indosat Ooredoo Care.

Namun akun Twitter layanan dengan handle @IndosatCare tersebut hanya menyarankan pengguna untuk me-restart ponsel atau mengaktifkan mode pesawat lalu mematikannya lagi, tanpa menjelaskan penyebab gangguan.

Baca juga: 5 Cara Cek Sisa Kuota Indosat Lewat Online dan Kode UMB

Gangguan sinyal Indosat sendiri tampaknya dialami sebagian pengguna alias tidak merata. Sebab, salah satu pengguna berkata sinyal Indosat milik rekannya berjalan lancar, padahal miliknya terdampak gangguan.

Akun Indosat Ooredoo Care sendiri mengeklaim timnya sedang mengupayakan optimalisasi akses jaringan internet pengguna.

Tanggapan Indosat

KompasTekno telah meminta konfirmasi kepada Indosat mengenai gangguan sinyal Indosat yang dialami pengguna hari ini. Menurut Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, tidak ada gangguan massal yang terjadi pada layanan Indosat.

Baca juga: Apa Itu VoLTE Indosat?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com