Kompas.com - 18/05/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Apple kini sedang menyiapkan sistem operasi (OS) iPhone (iOS) baru penerus iOS 15 yang dirilis tahun lalu. iOS 16 tersebut kabarnya akan dirilis pada 6 Juni mendatang, tepatnya dalam pembukaan konferensi pengembang tahunan Apple (Worldwide Developers Conference/WWDC 2022).

Kabarnya, perilisan iOS 16 versi beta publik akan molor. Informasi ini berasal dari twit jurnalis teknologi Bloomberg, Mark Gurman.

Dalam twit yang diunggah lewat handle @markgurman, ia membeberkan bahwa iOS 16 akan dirilis ke pengguna dalam versi beta pada Juli 2022, bersamaan dengan diluncurkannya iOS 16 beta 3 untuk developer.

Baca juga: Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2022 Digelar Online, Ini Tanggalnya

Padahal, apabila menilik tradisi Apple, peluncuran iOS versi baru dalam versi beta publik biasanya dirilis bersamaan dengan versi beta 2 untuk pengembang, yang artinya, jadwal perillisan iOS 16 akan sedikit berbeda dari generasi iOS sebelumnya.

Gurman menjelaskan bahwa jadwal yang disebutkannya, menunjukkan adanya penundaan rilis iOS 16 versi beta publik.

Ia juga berkata bahwa Apple menemukan beberapa bug atau masalah pada iOS 16. Meski demikian, secara umum kinerja OS Apple itu masih lancar dan masalahnya dapat diperbaiki. Ia tidak menjelaskan, apakah bug tersebut menjadi penyebab molornya jadwal perilisan iOS 16 versi beta publik atau tidak.

"Beta publik pertama iOS 16 dijadwalkan rilis bersamaan iOS 16 beta 3 untuk pengembang pada bulan Juli. Beta publik pertama iOS biasanya dirilis bersama beta 2. Itu artinya beta publik kemungkinan tertunda. Program itu agak bermasalah, namun masih lancar dan bisa diubah," kata Gurman dalam postingannya di Twitter.

Baca juga: Apple Rilis iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, Ini Fitur Barunya

Bocoran fitur iOS 16

Menurut Gurman, Apple tidak akan mengubah desain antarmuka iOS 16. Meski demikian, Apple mungkin tetap memberikan polesan anyar, misalnya terkait sistem notifikasi yang diperbarui hingga beberapa fitur pelacak kesehatan.

Tak hanya itu, Apple juga kemungkinan meningkatkan widget atau disebut 'InfoShack' yang akan dapat disesuaikan oleh pengguna.

Baca juga: 2 Cara Cek Versi iOS di iPhone dan iPad dengan Mudah

Ada pula rumor yang menyebutkan iOS 16 akan hadir dengan fitur pendeteksi tabrakan mobil, sehingga iPhone dapat menghubungi layanan darurat secara otomatis jika terjadi kecelakaan.

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Rabu (18/5/2022), iOS 16 juga kabarnya akan dilengkapi fitur darurat berbasis satelit yang turut melengkapi fitur iPhone 14 yang akan dirilis akhir tahun ini.

Ketika fitur ini dirilis, iPhone dapat mengirim pesan teks meskipun dalam keadaan darurat seperti ketika tidak bisa menjangkau jaringan seluler. Fitur ini juga memungkinkan kirim pesan darurat meskipun iPhone berada dalam lokasi yang tidak memiliki fasilitas penunjang sinyal telepon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.