Kompas.com - 19/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Selain Zoom Meeting, Google Meet menjadi platform telekonferensi online yang cukup populer dipakai saat ini. Sebagian dari Anda mungkin juga tak asing lagi dengan platform besutan Google yang satu ini.

Google Meet menjadi salah satu solusi agar semua orang bisa berinteraksi di tengah berlangsungnya kebijakan pembatasan kontak fisik selama pandemi Covid-19. Berkat fitur di dalamnya, Google Meet memudahkan interaksi antar pengguna secara jarak jauh.

Baca juga: Cara Cek Versi Aplikasi dan Update Browser Mozilla Firefox

Adapun fitur Google Meet yang mungkin kerap dipakai oleh pengguna adalah Share Screen atau membagikan layar. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa saling berbagi konten yang muncul di layarnya untuk ditunjukkan ke peserta lain saat pertemuan berlangsung.

Share Screen memudahkan pengguna saat misalnya ingin membagikan materi pelajaran di sekolah atau materi presentasi di perusahaan. Fitur Share Screen Google Meet bisa diakses dengan mudah lewat HP atau laptop.

Kendati mudah, namun tak jarang pengguna yang belum mengerti cara Share Screen di Google Meet. Bila Anda ingin menggunakan fitur tersebut, tapi belum memahami bagaimana cara membagikan layar di Google Meet, coba ikuti penjelasan di bawah ini.

Cara bagikan layar di Google Meet laptop

  • Sebelum mulai membagikan layar, pastikan izin “Membagikan Layar” telah diaktifkan oleh Host di Google Meet, bila Anda adalah seorang peserta.
  • Apabila izin “Membagikan Layar” tidak diaktifkan maka Anda atau anggota yang bukan Host di Google Meet, tidak bakal bisa mengakses fitur Share Screen
  • Bila Anda adalah seorang Host di Google Meet, fitur Share Screen bisa langsung diakses
  • Saat pertemuan di Google Meet berlangsung, klik ikon persegi dengan tanda panah ke atas untuk mengakses menu “Share Screen”
    Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet laptopKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet laptop
  • Selanjutnya, pilih opsi bagikan “Seluruh layar Anda” atau hanya “Jendela”
  • Bila memilih opsi “Seluruh layar Anda” maka Google Meet akan menayangkan semua konten yang termuat di layar laptop
  • Bila memilih opsi “Jendela” maka Google Meet hanya akan menayangkan konten dari layar jendela yang tengah terbuka
  • Setelah memilih opsi tersebut, izinkan Google Meet untuk membagikan layar dengan klik opsi “Allow”
    Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet laptopKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet laptop
  • Kemudian, saat layar mulai dibagikan ke Google Meet, terdapat bilah menu kecil dengan pesan “You are sharing your screen”
  • Untuk mengakhiri membagikan layar di Google Meet, caranya klik opsi “Stop Sharing”.

Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet laptopKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet laptop

Cara membagikan layar di Google Meet lewat HP

  • Ketentuan supaya bisa membagikan layar di Google Meet lewat HP sama seperti yang tertera di atas, yakni pastikan dulu telah diberi izin “Membagikan Layar”, bila Anda bukan seorang Host
  • Bila Anda seorang Host di Google Meet, fitur Share Screen bisa langsung diakses
  • Pada saat pertemuan berlangsung, klik ikon titik tiga berjajar vertikal dan pilih opsi “Bagikan Layar”
  • Setelah itu, klik opsi “Mulai Penyiaran” dan konten yang termuat di layar HP bakal dibagikan di Google Meet
  • Membagikan layar bakal terhenti saat Anda klik opsi “Hentikan Penyiaran” yang tertera di Google Meet.

Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet lewat HPKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membagikan layar di Google Meet lewat HP

Perlu diketahui, cara di atas dijalan dengan menggunakan layanan Google Meet yang tertera di Gmail, bukan versi aplikasi HP. Kemudian, HP yang digunakan untuk mengakses layanan itu adalah iPhone dengan sistem operasi iOS 15.4.1.

Baca juga: Cara Mengedit Video di YouTube yang Telah Terunggah dengan Cepat

Dengan demikian, beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda juga letak opsi dan tahapannya. Itulah penjelasan mengenai cara Share Screen di Google Meet lewat laptop dan HP, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.