Kompas.com - 19/05/2022, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Sensor Tower, merilis laporan terbaru tentang pendapatan aplikasi mobile secara global untuk kuartal-I (Q1) 2022.

Dalam laporan tersebut game Genshin Impact menjadi game berbasis gacha yang mendulang pendapatan tertinggi pada periode Januari hingga April 2022.

Gacha sendiri merupakan sebuah istilah yang umum digunakan pada proses pengambilan hadiah melalui sistem undian. 

Karena hadiah yang diperoleh bersifat acak, pemain berkesempatan untuk meraih hadiah tertinggi apabila beruntung.

Pada kuartal-I 2022 ini, tercatat bahwa game RPG besutan Hoyoverse itu meraup total pendapatan sebesar 567 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,3 triliun.

Baca juga: Genshin Impact Versi 2.6 Bawa Karakter Bintang Lima untuk Gacha

Terhitung sejak peluncuran perdananya pada 2020, Genshin Impact diperkirakan telah meraih pendapatan sebesar 3 miliar dolar AS (sekitar Rp 44 triliun).

"Game ini memiliki pendapatan rata-rata 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14 triliun) setiap enam bulan, menjadikannya sebagai salah satu game mobile paling sukses sepanjang masa," tulis Sensor Tower dalam laporannya.

Selain Genshin Impact, Sensor Tower turut mencatat sejumlah game gacha yang meraih pendapatan besar selama kuartal-I 2022.

Jika dibandingkan dengan game berbasis gacha yang lain, pendapatan Genshin Impact beberapa kali lipat lebih besar.

Daftar game gacha mobile yang berhasil meraih pendapatan tertinggi di kuartal-I 2022.Sensor Tower Daftar game gacha mobile yang berhasil meraih pendapatan tertinggi di kuartal-I 2022.
Berada di urutan kedua, game MMORPG Lineage W dilaporkan meraih pendapatan sebanyak 272 juta dollar AS (sekitar Rp 3,9 triliun).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.