Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Kompas.com - 19/05/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna yang aktif mengoperasikan komputer, biasanya bakal tak asing lagi dengan istilah LAN, MAN, atau WAN. Istilah tersebut dipakai untuk menyebut sebuah jenis jaringan komputer.

Satu komputer dapat dihubungkan dengan beberapa komputer atau gadget lainnya secara sekaligus lewat jaringan atau network. Kemudian, pengguna bisa berinteraksi dengan beberapa perangkat melalui jaringan komputer tersebut.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Salah satu contoh yang mungkin jamak ditemukan dari penggunaan jaringan komputer adalah pengoperasian warnet. Akses internet pada beberapa komputer Client di sebuah warnet bisa diatur secara terpusat lewat komputer Admin.

Misalnya, seperti pengaturan untuk membatasi waktu akses internet, kecepatan pengunduhan, membatasi akses ke halaman situs web tertentu, dan sebagainya.

Tanpa adanya jaringan komputer, pengaturan terpusat semacam itu tidak mungkin untuk dilakukan. Bila ingin memahami lebih lanjut soal apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, coba simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya. Komputer dan perangkat lain yang saling terhubung bakal memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah.

Untuk membuat sebuah jaringan, beberapa komputer dengan perangkat lainnya disambungkan dengan menggunakan media kabel atau nirkabel.

Selain menggunakan hardware tersebut, membuat jaringan komputer umumnya juga perlu untuk memasang perangkat lunak atau software tertentu. Software dipakai untuk mendeteksi perangkat yang berada di satu jaringan.

Secara sederhana, dalam sebuah jaringan komputer, biasanya tersusun dari komputer Server yang berperan sebagai pusat pengaturan dan komputer Host sebagai tempat pengguna beroperasi.

Adapun fungsi jaringan komputer yang paling sederhana adalah memudahkan membagi beban kerja perangkat untuk menjalankan sebuah program. Selain itu, fungsi jaringan komputer yang berikutnya adalah menghemat sumber daya.

Misalnya, dengan jaringan komputer, beberapa komputer bisa melakukan cetak dokumen atau print lewat satu perangkat printer yang sama, sebagaimana dilansir GeeksforGeeks.

Adapun jenis jaringan komputer yang sering dipakai adalah LAN, MAN, dan WAN, seperti yang sempat disinggung di atas. Selain itu, sebenarnya terdapat masih banyak lagi jenis komputer yang juga sering dipakai, tapi mungkin belum terlalu mengenalnya.

Tiap jenis jaringan komputer umumnya memiliki perbedaan, sesuai dengan cakupan wilayah, alat penghubung, dan sebagainya. Lantas, apa saja jenis-jenis jaringan komputer yang biasa digunakan? Berikut merupakan penjelasannya.

Jenis-jenis jaringan komputer

1. LAN

Jenis jaringan komputer yang pertama adalah LAN (Local Area Network). LAN sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya.

LAN biasanya digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dalam satu rumah, atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih dalam satu atap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com