Kompas.com - 19/05/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna yang aktif mengoperasikan komputer, biasanya bakal tak asing lagi dengan istilah LAN, MAN, atau WAN. Istilah tersebut dipakai untuk menyebut sebuah jenis jaringan komputer.

Satu komputer dapat dihubungkan dengan beberapa komputer atau gadget lainnya secara sekaligus lewat jaringan atau network. Kemudian, pengguna bisa berinteraksi dengan beberapa perangkat melalui jaringan komputer tersebut.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Salah satu contoh yang mungkin jamak ditemukan dari penggunaan jaringan komputer adalah pengoperasian warnet. Akses internet pada beberapa komputer Client di sebuah warnet bisa diatur secara terpusat lewat komputer Admin.

Misalnya, seperti pengaturan untuk membatasi waktu akses internet, kecepatan pengunduhan, membatasi akses ke halaman situs web tertentu, dan sebagainya.

Tanpa adanya jaringan komputer, pengaturan terpusat semacam itu tidak mungkin untuk dilakukan. Bila ingin memahami lebih lanjut soal apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, coba simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya. Komputer dan perangkat lain yang saling terhubung bakal memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah.

Untuk membuat sebuah jaringan, beberapa komputer dengan perangkat lainnya disambungkan dengan menggunakan media kabel atau nirkabel.

Selain menggunakan hardware tersebut, membuat jaringan komputer umumnya juga perlu untuk memasang perangkat lunak atau software tertentu. Software dipakai untuk mendeteksi perangkat yang berada di satu jaringan.

Secara sederhana, dalam sebuah jaringan komputer, biasanya tersusun dari komputer Server yang berperan sebagai pusat pengaturan dan komputer Host sebagai tempat pengguna beroperasi.

Adapun fungsi jaringan komputer yang paling sederhana adalah memudahkan membagi beban kerja perangkat untuk menjalankan sebuah program. Selain itu, fungsi jaringan komputer yang berikutnya adalah menghemat sumber daya.

Misalnya, dengan jaringan komputer, beberapa komputer bisa melakukan cetak dokumen atau print lewat satu perangkat printer yang sama, sebagaimana dilansir GeeksforGeeks.

Adapun jenis jaringan komputer yang sering dipakai adalah LAN, MAN, dan WAN, seperti yang sempat disinggung di atas. Selain itu, sebenarnya terdapat masih banyak lagi jenis komputer yang juga sering dipakai, tapi mungkin belum terlalu mengenalnya.

Tiap jenis jaringan komputer umumnya memiliki perbedaan, sesuai dengan cakupan wilayah, alat penghubung, dan sebagainya. Lantas, apa saja jenis-jenis jaringan komputer yang biasa digunakan? Berikut merupakan penjelasannya.

Jenis-jenis jaringan komputer

1. LAN

Jenis jaringan komputer yang pertama adalah LAN (Local Area Network). LAN sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya.

LAN biasanya digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dalam satu rumah, atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih dalam satu atap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.