Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate Xs 2 Resmi Meluncur Global, Harga Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 19/05/2022, 14:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan ponsel lipat terbaru bikinannya, Huawei Mate Xs 2 ke pasar global pada Rabu (18/5/2022).

Ponsel lipat penerus Huawei Mate Xs (2020) ini sebelumnya sudah lebih dulu dirilis di China dan hanya tersedia di negara tersebut pada April lalu. Dengan dirilis global, ponsel lipat ini akan tersedia di luar China.

Dari segi desain, Huawei Mate Xs 2 masih terlihat mirip seperti pendahulunya, termasuk soal mekanisme lipat ponsel.

Tak seperti Samsung Galaxy Fold series dengan lipatan yang menyerupai buku, Huawei Mate Xs 2 hadir dengan mekanisme lipatan layar ke arah luar yang disebut dengan Falcon Wing.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad 10,4 Inci Resmi di Indonesia, Harga Rp 5 Juta

Spesifikasi Huawei Mate Xs 2

Dalam keadaan terlipat, Huawei Mate Xs 2 berukuran 6,7 inci (aspect ratio 19:9). Saat dibentangkan, layarnya menjadi lebih luas dengan ukuran 7,8 inci (aspect ratio 8:7,1).

Untuk layarnya, Huawei Mate Xs 2 mengusung panel OLED dengan resolusi 2.480 x 2.200 piksel saat dibentangkan serta 2.480 x 1.176 piksel dalam kondisi dilipat.

Layar ponsel lipat terbaru Huawei ini juga mendukung refresh rate layar 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz dan kerapatan piksel 424ppi.

Di sisi kanan atas layar, terdapat sebuah punch hole atau lubang kecil yang menampung kamera selfie (ultrawide) 10,7 MP (f/2.2).

Di bagian punggungnya, Huawei Mate Xs 2 dibekali tiga kamera belakang meliputi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2) dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom optik 3x, OIS).

Di sektor dapur pacu, Huawei Mate Xs 2 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888, dipadukan dengan RAM 8 serta penyimpanan media 512 GB. Kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas hingga 256 GB dengan kartu eksternal microSD.

Baca juga: Huawei Rilis Laptop Matebook to D14 dan D15 di Indonesia, Ini Harganya

Di sektor daya, Huawei Mate Xs 2 ditopang oleh baterai 4.600 mAh yang didukung pengisian daya cepat (fast charging) 66 watt. Huawei mengeklaim dengan daya tersebut, baterai smartphone dapat terisi hingga 90 persen dalam waktu 30 menit.

Seperti smartphone Huawei lain yang tidak dibekali sistem operasi (OS) Android akibat sanksi AS beberapa tahun lalu. Huawei Mate Xs 2 menjalankan sistem operasi HarmonyOS 2 dan antarmuka bawaan EMUI 12.

Huawei Mate Xs 2 juga sudah dilengkapi dukungan stylus atau pena digital Huawei M-Pen 2s Stylus. Pena digital itu menawarkan sensor tekanan hingga 4096 level dan baterai 82 mAh.

Huawei Mate Xs 2 meluncur di ChinaHuawei Huawei Mate Xs 2 meluncur di China
Harga Huawei Mate Xs 2

Fitur lainnya yang dibawa Huawei Mate Xs 2 meliputi WiFi tri-band, bluetooth 5.2, GPS, USB tipe-C, colokan audio jack 3.5mm, konektivitas 4G, serta sistem pendingin liquid Graphene untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil.

Di atas kertas, smartphone lipat ini memiliki ketebalan 5,4 inci (ketika dibentangkan) dengan bobot 255 gram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com