Kompas.com - 19/05/2022, 16:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Perangkat buatan Apple, salah satunya iPhone, dikenal sebagai perangkat yang cukup aman dari serangan siber dibanding smartphone lainnya.

Namun, sebuah penelitian dari Technical University of Darmstadt, Jerman, menunjukkan ada celah yang bisa membuat iPhone terinfeksi malware, bahkan ketika iPhone dalam kondisi mati.

Sejauh ini, belum ada bukti bahwa celah tersebut telah terkeksploitasi. Namun, temuan ini diharapkan menjadi informasi bagi Apple untuk mencegah risiko lebih lanjut.

Celah ini sendiri berkaitan dengan fitur yang ada di iOS 15, yaitu Find My yang dapat tetap berjalan selama beberapa jam, meskipun iPhone dalam keadaan non-aktif atau mati.

Baca juga: iPhone 14 Series Rilis 13 September 2022?

Menurut peneliti, chip yang digunakan untuk Bluetooth, NFC dan ultra-wideband (UWB) akan terus berjalan dalam mode daya rendah (lower-power mode/LPM) meskipun sudah dinonaktifkan pengguna.

Dalam penggunaan fitur Find My, chip tersebut memungkinkan iPhone untuk tetap mengirim sinyal sehingga dapat membantu pengguna menemukan iPhone yang hilang.

Namun, peneliti menemukan bahwa firmware LPM Bluetooth di iPhone tidak terenkripsi. Jadi, celah tersebut bisa dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk menyisipkan malware.

Jika celah ini menyasar pada iPhone yang dimodifikasi (jailbreak), dampaknya bahkan akan lebih parah karena akses ke sistem perangkat lebih "bebas".

Para peneliti menyimpulkan bahwa penerapan LPM oleh Apple memang meningkatkan keamanan pengguna karena bisa membantu menemukan iPhone yang hilang atau dicuri. Di sisi lain, ada pula kerentanan yang menjadi ancaman.

Baca juga: Cara Aktifkan Izin Lokasi untuk Daftar Prakerja Gelombang 29 di HP Android, iPhone, dan Laptop

Temuan ini diklaim sudah dilaporkan ke Apple, akan tetapi perusahaan belum menanggapinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.