CEO Perusahaan Dunia Ternyata Sering Pakai Password "12345"

Kompas.com - Diperbarui 24/06/2022, 06:47 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Riset terbaru dari penyedia layanan password manager, NordPass, mengungkap bahwa para petinggi dan pemimpin perusahaan alias Chief Executive Officer (CEO) gemar memakai kata sandi (password) yang lemah.

Kata sandi yang dimaksud adalah kata sandi sederhana yang mudah ditebak seperti "12345", "123456", "123456789", "password", "qwerty", dan sejenisnya.

Menurut NordPass, ada lebih dari 220.000 petinggi dan CEO di dunia yang menggunakan kata sandi "123456".

Ada pula sekitar 142.000 petinggi dan CEO dunia yang memakai kata sandi "password", serta lebih dari 64.500 orang dengan jabatan setara, memakai kata sandi "123456789".

Baca juga: Naruto dan Bismillah Jadi Password yang Sering Dipakai di Indonesia

Selain kata sandi berupa nomor urut tersebut, para petinggi dan CEO dunia juga banyak yang menggunakan password yang merupakan nama orang populer.

NordPass mencatat ada sekitar 100.000 petinggi dan CEO dunia yang memakai kata sandi "Tiffany", sekitar 33.600 orang untuk "Charlie", serta lebih dari 10.000 orang untuk kata sandi "Michael" dan "Jordan".

Di samping itu, NordPass mengatakan bahwa lebih dari 11.000 petinggi dan CEO dunia juga senang memakai kata sandi yang mewakili nama hewan mitologi seperti "Dragon" atau hewan seperti "Monkey".

Sekadar informasi, NordPass bekerja sama dengan sejumlah lembaga keamanan siber untuk mengetahui aneka kata sandi yang mudah ditebak dan sudah berhasil dibobol oleh para peretas.

Seluruh password itu sendiri diambil dari sekitar 290 juta insiden kebocoran data yang terjadi sejauh ini di seluruh dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi NordPass.

Baca juga: Google Bisa Tahu Password Pengguna yang Pernah Dibobol

Dari sana, NordPass lantas menelisik posisi atau jabatan dari para pengguna yang terdampak kebocoran data tersebut, yang tentunya telah menggunakan password lemah macam nomor urut atau nama orang tadi.

Riset NordPass terkait penggunaan kata sandi oleh petinggi dan CEO perusahaan ini bisa dilihat secara lengkap melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nordpass
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.