Kompas.com - 22/05/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com- Bagi masyarakat yang memiliki tunggakan iuran Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan, kini tak usah terlalu khawatir karena terdapat program Rehab (Rencana Iuran Bertahap).

Lantas, apa itu program Rehab BPJS Kesehatan? Rencana Iuran Bertahap atau Rehab adalah program yang diluncurkan BPJS Kesehatan untuk membantu meringankan masyarakat dalam membayar tunggakan iuran JKN-KIS.

Baca juga: Cara Aktifkan Izin Lokasi untuk Daftar Prakerja Gelombang 29 di HP Android, iPhone, dan Laptop

Program ini diluncurkan sebagai bagian dari respons BPJS Kesehatan atas keluhan masyarakat yang sudah lama tidak membayar tunggakan, sehingga kesulitan untuk membayar tunggakannya secara sekaligus.

Lewat program Rehab, masyarakat yang menunggak iuran JKN-KIS lebih dari tiga bulan bisa mencicilnya secara bertahap, sehingga bisa mengurangi beban saat ingin melakukan pembayaran.

Bila ingin mengakses program Rehab ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri secara online lewat aplikasi JKN Mobile. Namun sebelum daftar program Rehab BPJS Kesehatan, ada beberapa syarat yang harus dipahami terlebih dahulu, berikut penjelasannya.

Syarat Rehab BPJS Kesehatan

  • Masyarakat yang bisa mengajukan pendaftaran Rehab BPJS Kesehatan adalah peserta JKN-KIS dengan kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU/Mandiri) dan Peserta Bukan Pekerja (BP)
  • Peserta dengan kategori tersebut memiliki tunggakan iuran selama lebih dari 3 bulan hingga maksimal 24 bulan
  • Periode pembayaran tunggakan bisa dilakukan selama 12 tahapan
  • Status kepesertaan BPJS Kesehatan untuk peserta program pembayaran tunggakan iuran bertahap baru akan aktif ketika seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas

Jika telah memahami syarat Rehab BPJS Kesehatan di atas, berikut merupakan cara untuk mendaftarkannya via aplikasi Mobile JKN, sebagaimana dilansir laman resmi BPJS Kesehatan.

Baca juga: Daftar Lengkap Call Center BPJS yang Dapat Diakses Secara Online

Cara daftar program Rehab BPJS Kesehatan

  • Buka aplikasi Mobile JKN, bila belum memilikinya silahkan unduh dulu lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone)
  • Pastikan login akun menggunakan NIK atau Nomor Kartu JKN dan password yang telah didaftarkan sebelumnya
  • Setelah berhasil masuk, pilih “Menu Lainnya” dan klik menu “Rencana Pembayaran Bertahap”
    Ilustrasi cara daftar program Rehab BPJS Kesehatan via Mobile JKNKOMPAS.com/Soffya Ranti Ilustrasi cara daftar program Rehab BPJS Kesehatan via Mobile JKN
  • Kemudian, nanti akan muncul informasi mengenai program Rehab, total tunggakan, serta syarat dan ketentuan program Rehab
  • Selanjutnya, aplikasi bakal menampilkan simulasi tagihan yang dapat dipilih oleh peserta JKN-KIS
  • Jika berhasil melakukan pendaftaran program Rehab, peserta tinggal membayarkan cicilan sesuai dengan ketentuan simulasi pembayaran yang dipilih
  • Setelah tunggakan iuran lunas terbayar, status kepesertaan BPJS Kesehatan baru dapat aktif kembali.

Baca juga: Cara Daftar dan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan serta Fitur Vaksinasi Covid-19

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Rehab, silakan hubungi Call Center BPJS kesehatan di nomor 165. Demikian informasi seputar cara daftar program cara daftar program Rehab via Mobile JKN, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.