Kompas.com - 23/05/2022, 16:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Singapura akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah turnamen e-sports bergengsi dari game populer Dota 2 yang bertajuk "The International 2022".

Kehadiran kompetisi Dota 2 skala dunia di Singapura ini diumumkan secara resmi melalui akun Twitter dengan handle @DOTA2.

Dalam kicauan tersebut, Valve, selaku pengembang Dota 2 juga mengunggah sebuah video kilas balik singkat yang memperlihatkan juara kompetisi The International sejak 2011 lalu, begitu juga tempat atau venue turnamen tersebut.

Baca juga: Netflix Adaptasi Game DOTA 2 Jadi Serial Animasi

Pihak Valve belum mengumbar secara rinci tanggal The International 2022 bakal digelar. Namun, mereka memastikan kompetisi tersebut akan berlangsung pada bulan Oktober 2022 mendatang.

"Singapura. Oktober 2022. The Aegis of Champions (piala The International) menunggu," tulis akun Twitter dengan handle @DOTA2, sebagaimana dikutip KompasTekno, Senin (23/5/2022).

Pertama kali di Asia Tenggara

Sebelumnya, ajang The International sendiri tidak pernah digelar di Asia Tenggara. Saat pertama kali digelar pada 2011 lalu, kompetisi kelas dunia Dota 2 tersebut digelar di kota Cologne, Jerman.

Kemudian di tahun-tahun berikutnya, The International digelar di Seattle, Amerika Serikat (AS) untuk tahun 2012-2017. Kemudian di Vancouver, Kanada pada tahun 2018, lalu di Shanghai, China pada tahun 2019.

Ajang The International 2020 sendiri, yang rencananya bakal digelar di Stockholm, Swedia pada tahun itu, sempat dibatalkan karena pandemi Covid-19. Namun, kompetisi Dota 2 tersebut dilanjutkan pada 2021.

Ilustrasi piala Aegis of Champions di ajang turnamen The International Dota 2.Dota2 Ilustrasi piala Aegis of Champions di ajang turnamen The International Dota 2.
Awalnya, venue turnamen masih berada di kota Stockholm, Swedia. Namun, karena adanya kendala dengan pemerintah setempat, Valve memindahkan kompetisi tersebut ke kota Bucharest, Romania.

Karena berlangsung di era pandemi Covid-19, The International 2021 menerapkan protokol kesehatan ketat dan digelar tanpa adanya penonton atau penggemar.

Baca juga: Bukan Game MOBA atau FPS, Ini Game Pertama yang Dipertandingkan di Turnamen E-sports

Belum diketahui apakah The International 2022 di Singapura nanti bakal bisa dihadiri langsung oleh penggemar atau akan digelar tanpa penonton seperti 2021 lalu.

Namun, mengingat kondisi pandemi Covid-19 di beberapa negara yang tampaknya mulai terkontrol, ada kemungkinan penggemar Dota 2 kini bisa menyaksikan secara langsung turnamen papan atas tersebut seperti sebelum pandemi melanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Twitter
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.