Kompas.com - 23/05/2022, 18:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

 KOMPAS.com - Mediatek resmi memperkenlakan chipset terbarunya bernama Dimensity 1050. System-on-Chip (SoC) tersebut merupakan SoC pertama yang dibekali modem 5G dan mendukung spektrum milimeter wave (mmWave),

MmWave sendiri adalah spektrum tinggi yang dipercaya cocok untuk menggelar jaringan 5G. Jika digelar di spektrum tersebut, kecepatan jaringan 5G akan lebih optimal.

Sebelumnya, chipset 5G besutan MediaTek hanya mendukung frekuensi sub-6 GHz saja. Adapun chipset Dimensity 1050 juga mendukung teknologi 5G sub-6 GHz.

Dengan dukungan kedua spektrum tersebut, Deputy General Manager Wireless Communications Business Unit Mediatek CH Chen mengeklaim bahwa Dimensity 1050 bisa memberikan pengalaman 5G yang belum pernah ada sebelumnya.

Baca juga: Samsung Bakal Pakai Chip MediaTek untuk Galaxy S Series?

"Dengan konektivitas yang lebih cepat, begitu juga dukungan teknologi kamera yang mumpuni, chipset terbaru ini mampu memberikan performa terbaik di kelasnya," klaim Chen, dikutip KompasTekno dari AndroidAuthority, Senin (23/5/2022).

Di atas kertas, SoC Dimensity 1050 memiliki dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa core) yang terdiri dari empat Arm Cortex-A78 yang masing-masing memiliki kecepatan clock 2,5 GHz, serta buat Arm Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz.

CPU tersebut dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) Arm Mali-G610 MC3 yang dipadukan dengan dukungan RAM LPDDR5/LPDDR4X, serta nedua penyimpanan berjenis UFS 2.1/3.1.

Untuk kinerja fotografi, SoC ini dibekali dengan chip pengolah gambar (ISP) Imagiq 760, yang memberikan dukungan kamera utama hingga 108 MP, serta perekaman video 4K dengan frame rate 30 fps.

Adapun chipset ini dibuat dengan fabrikasi 6nm.

Baca juga: MediaTek Rilis Chipset Dimensity 1300 dengan HyperEngine 5.0

Ada pula fitur Tur Dual 5G yang memungkinkan pengguna memakai dua kartu SIM 5G sekaligus, serta dukungan WiFi 6E yang memberikan kebebasan pengguna untuk memakai standar WiFi terbaru dengan teknologi 2,4 GHz, 5 GHz, atau 6 GHz.

Untuk ketersediaan, smartphone yang ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 1050 konon bakal bisa didapatkan konsumen sekitar kuartal-III (Juli-September) 2022 mendatang. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.