Kompas.com - 25/05/2022, 14:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel resmi memperkenalkan jajaran prosesor (CPU) Intel Core Generasi ke-12 (Alder Lake) di Indonesia. Aneka laptop yang ditenagai prosesor ini pun mulai dijual di Tanah Air. 

Hal ini diumumkan Intel Indonesia dalam sebuah acara yang digelar di Ballroom The Langham, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Director of Consumer Sales Intel Corporation Asia, Cekiel Danielson, mengatakan bahwa prosesor mobile Intel Core Generasi ke-12 ini memiliki kombinasi inti (core) untuk meningkatkan performa sekaligus daya baterai laptop di berbagai aktivitas mulai dari gaming, multitasking, dan lain sebagainya.

"Jajaran laptop terbaru yang ditenagai Intel Core Alder Lake ini hadir di berbagai segmen laptop mulai dari laptop ultra-thin hingga laptop berperforma tinggi untuk para enthusiast," tutur Danielson.

Baca juga: Produsen Chip Intel Putuskan Setop Beroperasi di Rusia

Director of Consumer Sales Intel Corporation Asia Cekiel Danielson dalam acara peluncuran Intel Core Generasi Ke-12 di Ballroom The Langham, Jakarta, Rabu (25/5/2022).KOMPAS.com/Bill Clinten Director of Consumer Sales Intel Corporation Asia Cekiel Danielson dalam acara peluncuran Intel Core Generasi Ke-12 di Ballroom The Langham, Jakarta, Rabu (25/5/2022).
Secara keseluruhan, ada empat seri CPU Intel Core Alder Lake mobile yang diperkenalkan Intel Indonesia mencakup U-Series, P-Series, H-Series, dan HX-Series.

Semua prosesor ini dirancang menggunakan teknologi Intel 7 yang menggunakan arsitektur hybrid performance.

Arsitektur ini memungkinkan Intel menggabungkan dua tipe inti (core) yang memiliki fungsi berbeda, yaitu performance cores (P-cores) dan efficient cores (E-cores).

"Kombinasi P-cores dan E-cores membuat laptop yang ditenagai Intel Core Generasi Ke-12 tetap bertenaga, tetapi masih hemat daya," imbuh Asia Pacific & Japan Consumer Director Segment Intel, Moushumi Mazumdar di kesempatan yang sama.

Beda empat seri prosesor Intel Core Alder Lake

Prosesor mobile Intel Core U-Series ditujukan untuk laptop tipis dan hemat daya dengan tingkat konsumsi daya (TDP) 9-15W.

Kemudian prosesor mobile Intel Core P-Series ditujukan untuk laptop mainstream dengan performa menengah yang memiliki TDP 28W.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.