Kompas.com - 25/05/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - WhatsApp Web merupakan sebuah layanan pesan yang memungkinkan pengguna menjalankan WhatsApp di browser baik laptop maupun desktop.

WhatsApp Web memudahkan pengguna yang lebih sering beraktivitas di depan layar komputer, agar dapat mengirim pesan maupun telepon hanya melalu PC.

Namun adakalanya pengguna mengalami beberapa masalah salah satunya adalah WhatsApp Web yang tidak bisa terhubung. Hal ini tentu menghambat kegiatan dan aktivitas pengguna terlebih lagi jika cukup intens menggunakan WhatsApp Web.

Jika Anda mengalami WhatsApp Web yang tidak terhubung hingga tak dapat mengirimkan pesan, berikut ini KompasTekno rangkum beberapa cara untuk mengatasinya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WhatsApp Web yang Error

Cek jaringan internet Anda

Periksa apakah pesan tidak terkirim atau Anda yang tidak dapat masuk ke akun WhatsApp Web. Hal ini bisa jadi terjadi karena koneksi jaringan internet Anda buruk. Cobalah untuk menonaktifkan jaringan data internet, kemudian menyalakannya kembali.

Jika jaringan internet Anda terhubung melalui hotspot ponsel, maka cobalah untuk menyalakan mode pesawat beberapa detik kemudian matikan kembali. Hal ini dapat mengatasi masalah jaringan internet dan Anda kembali lagi bisa mengakses WhatsApp Web. 

Periksa browser yang Anda gunakan

Untuk membuka WhatsApp Web pengguna tentu akan mengaksesnya melalui browser atau peramban yang biasa digunakan. Jika Anda tidak dapat terhubung dengan WhatsApp Web, bisa jadi browser yang digunakan tidak kompatibel atau berada pada versi lama.

Anda dapat menggantinya dengan membuka WhatsApp Web di browser lain atau mencoba memperbarui versi browser agar dapar digunakan kembali.

Nonaktifkan VPN

Jika Anda menggunakan perangkat VPN apa pun di PC Anda, mungkin ini yang menjadi salah satu penyebab WhatsApp Web tidak dapat terhubung.

Hal tersebut dikarenakan WhatsApp mungkin saja menganggap alamat IP VPN Anda sebagai pengguna yang tidak sah sehingga dapat mencegah Anda untuk mengakses layanan WhatsApp Web. Maka dari itu cobalah untuk menonaktifkan atau un-instal VPN di PC Anda.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.