Kompas.com - 26/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - E-mail atau surat elektronik saat ini umum digunakan untuk berkomunikasi yang bersifat formal, salah satunya seperti melamar pekerjaan.

Beberapa HRD (Human Resource Development) perusahaan biasanya memakai e-mail untuk jadi wadah dalam menampung pengiriman surat dan berkas lamaran kerja. E-mail juga biasa dipakai buat memberikan informasi terkait hasil proses rekrutmen.

Baca juga: 8 Aplikasi Gratis untuk Edit Foto di Android dan iOS

Kendati jamak dipakai, tak jarang pula beberapa pengguna atau pelamar belum memahami bagaimana cara membuat lamaran via e-mail. Melamar kerja lewat e-mail tak bisa dilakukan secara sembarangan.

HRD biasanya memiliki semacam standar tertentu untuk menilai lamaran kerja yang dikirimkan via e-mail. Misalnya, lamaran kerja tidak cukup hanya mengirimkan berkas persyaratannya, melainkan body e-mail juga harus terisi.

Body e-mail sendiri merupakan bagian dari isi surat elektronik. Dalam hal body e-mail lamaran kerja, pelamar harus membuat atau menulis pengantar terlebih dahulu sebelum melampirkan berkas persyaratan.

Adapun tujuan dari membuat body e-mail lamaran kerja itu untuk memperkenalkan diri, termasuk pula untuk menunjukkan ketertarikan mengisi posisi yang ditawarkan perusahaan. Lantas, apa yang harus ditulis di body email lamaran kerja?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan informasi seputar body email lamaran kerja, sebagaimana dilansir laman Indeed, platform digital penyalur lowongan kerja.

Isi e-mail lamaran kerja

Selain melampirkan berkas, pelamar juga wajib mengisi body e-mail terlebih dahulu. Saat melamar kerja, usahakan menyusun badan e-mail secara terstruktur, yakni berisi paragraf pengantar, isi, dan penutup.

Paragraf dalam badan e-mail tak usah terlalu banyak, kira-kira cukup berisi 4-5 paragraf. Kemudian dalam satu paragraf, cukup buat sekitar 2-3 kalimat.

Paragraf pengantar bisa disusun dengan menggunakan salam pembuka, penjelasan sumber informasi lowongan kerja, pengenalan identitas singkat, dan penjelasan ketertarikan untuk melamar kerja.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber indeed.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.