Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Body E-mail Lamaran Kerja yang Baik agar Dilirik HRD

Kompas.com - 26/05/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber indeed.com

KOMPAS.com - E-mail atau surat elektronik saat ini umum digunakan untuk berkomunikasi yang bersifat formal, salah satunya seperti melamar pekerjaan.

Beberapa HRD (Human Resource Development) perusahaan biasanya memakai e-mail untuk jadi wadah dalam menampung pengiriman surat dan berkas lamaran kerja. E-mail juga biasa dipakai buat memberikan informasi terkait hasil proses rekrutmen.

Baca juga: 8 Aplikasi Gratis untuk Edit Foto di Android dan iOS

Kendati jamak dipakai, tak jarang pula beberapa pengguna atau pelamar belum memahami bagaimana cara membuat lamaran via e-mail. Melamar kerja lewat e-mail tak bisa dilakukan secara sembarangan.

HRD biasanya memiliki semacam standar tertentu untuk menilai lamaran kerja yang dikirimkan via e-mail. Misalnya, lamaran kerja tidak cukup hanya mengirimkan berkas persyaratannya, melainkan body e-mail juga harus terisi.

Body e-mail sendiri merupakan bagian dari isi surat elektronik. Dalam hal body e-mail lamaran kerja, pelamar harus membuat atau menulis pengantar terlebih dahulu sebelum melampirkan berkas persyaratan.

Adapun tujuan dari membuat body e-mail lamaran kerja itu untuk memperkenalkan diri, termasuk pula untuk menunjukkan ketertarikan mengisi posisi yang ditawarkan perusahaan. Lantas, apa yang harus ditulis di body email lamaran kerja?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan informasi seputar body email lamaran kerja, sebagaimana dilansir laman Indeed, platform digital penyalur lowongan kerja.

Isi e-mail lamaran kerja

Selain melampirkan berkas, pelamar juga wajib mengisi body e-mail terlebih dahulu. Saat melamar kerja, usahakan menyusun badan e-mail secara terstruktur, yakni berisi paragraf pengantar, isi, dan penutup.

Paragraf dalam badan e-mail tak usah terlalu banyak, kira-kira cukup berisi 4-5 paragraf. Kemudian dalam satu paragraf, cukup buat sekitar 2-3 kalimat.

Paragraf pengantar bisa disusun dengan menggunakan salam pembuka, penjelasan sumber informasi lowongan kerja, pengenalan identitas singkat, dan penjelasan ketertarikan untuk melamar kerja.

Selanjutnya, pada paragraf isi bisa disusun dari menerangkan pengalaman kerja secara singkat, berikut kesesuaiannya dengan posisi pekerjaan yang hendak dilamar.

Terakhir, paragraf penutup pada badan e-mail dapat diisi dengan informasi kontak pelamar dan salam penutup yang memuat harapan atas proses lamaran kerja. Perlu diingat pula, pastikan semua kalimat dalam paragraf disusun memakai bahasa formal.

Baca juga: Cara Ganti Background Pas Foto di Microsoft Word

Demikian sekiranya penjelasan umum soal isi e-mail lamaran kerja. Untuk gambaran yang lebih jelas, simak contoh body e-mail lamaran kerja di bawah ini.

Contoh body e-mail lamaran kerja

Salam hormat Tim HRD Perusahaan X

Perkenalkan, saya Andi. Saya mendapat informasi dari situs web bahwa Perusahaan X tengah membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Content Writer.

Halaman:
Sumber indeed.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com