Kompas.com - 26/05/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan yang cukup populer saat ini, punya beberapa pilihan saluran supaya memudahkan pengguna untuk mengaksesnya.

Sebagaimana mungkin telah cukup banyak diketahui oleh pengguna, WhatsApp tidak hanya tersedia dalam versi aplikasi ponsel, melainkan pengguna juga dapat membukanya melalui laptop.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Aplikasi WhatsApp untuk laptop itu sering pula disebut dengan WhatsApp Desktop. Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa membuka dan mengakses WhatsApp lewat laptop dengan fitur yang hampir mirip seperti di ponsel.

Salah satu keunggulan WhatsApp Desktop adalah adanya fitur panggilan telepon dan video. Dengan fitur tersebut, pengguna tak perlu lagi repot membuka aplikasi WhatsApp di ponsel saat sedang bekerja di depan laptop.

Untuk bisa menggunakan WhatsApp Desktop, caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menautkan akun WhatsApp miliknya di ponsel ke laptop dengan pemindaian kode QR.

Namun sebelum bisa menautkan akun, pengguna harus mengunduh WhatsApp Desktop terlebih dahulu di laptop, kemudian menginstalnya. WhatsApp Dekstop sendiri tersedia untuk laptop Windows dan juga Mac buatan Apple.

Lantas, bagaimana cara download WhatsApp di laptop? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara download WhatsApp di laptop Windows

  • Buka browser di laptop, bisa Google Chrome, Safari, maupun Mozilla Firefox
  • Kunjungi laman berikut https://www.whatsapp.com/download/
  • Pada halaman awal situs web tersebut klik opsi “Unduh untuk Windows”
  • Tunggu beberapa saat hingga file aplikasi WhatsApp Desktop untuk laptop Windows berformat “.exe” berhasil terunduh
  • Buka file tersebut di folder unduhan laptop dan lakukan pemasangan

Baca juga: 2 Cara Reset PIN Verifikasi Dua Langkah WhatsApp, Bisa Tanpa E-mail

Cara download WhatsApp di Mac

  • Buka browser di Mac, bisa Google Chrome, Safari, maupun Mozilla Firefox
  • Kunjungi laman berikut https://www.whatsapp.com/download/
  • Pada halaman awal situs web tersebut klik opsi “Unduh untuk MacOS”
  • Tunggu beberapa saat hingga file aplikasi WhatsApp Desktop untuk laptop Windows berformat “.dmg” berhasil terunduh
  • Buka file tersebut di folder unduhan Mac dan lakukan pemasangan

Syarat download WhatsApp di laptop

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, aplikasi WhatsApp Desktop hanya bisa dipakai pada perangkat laptop yang mampu menjalankan minimal versi sistem operasi Windows 8.1 dan yang lebih baru atau MacOS 10.10 dan setelahnya.

Apabila laptop tidak memenuhi syarat minimal tersebut, disarankan untuk menggunakan platform WhatsApp Web. Penentuan berdasar sistem operasi itu secara tidak langsung berkorelasi dengan spesifikasi pada sebuah laptop.

Umumnya, laptop yang bisa menjalankan dua sistem operasi tersebut minimal telah memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB. Apabila laptop tidak memenuhi standar minimal itu maka bakal lebih sulit buat menjalankan WhatsApp Dekstop.

Baca juga: 2 Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Sekaligus di PC dengan Mudah

Dengan demikian, penting kiranya untuk memperhatikan spesifikasi laptop terlebih dahulu bila ingin mengunduh WhatsApp Desktop. Itulah informasi seputar cara download WhatsApp di laptop serta syaratnya, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.