Kompas.com - 26/05/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Ponsel layar lipat (foldable phone) telah dimulai sejak tahun 2018 lalu. Kala itu, Royole Flexpai meluncur sebagai ponsel pertama yang sudah mendukung teknologi layar fleksibel.

Inovasi layar lipat kemudian ikut diramaikan oleh sejumlah vendor ponsel, salah satunya Samsung yang mulai berani mengkomersilkan ponsel lipat saat itu. Melalui lini Samsung Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip series, Samsung mulai mempopulerkan perangkat ponsel lipat di pasar global.

Lambat laun, ponsel layar lipat semakin populer karen keunikannya. Kendati demikian, masih ada sebagian orang yang belum familiar dengan smartphone layar lipat.

Baca juga: Samsung Resmi Kenalkan Ponsel Layar Lipat, Begini Cara Kerjanya

Hal ini disampaikan oleh Head of MX Business Samsung Southeast Asia & Oceania, Carl Nordenberg.

"Hingga saat ini, saya sering menjumpai orang-orang yang masih kaget ketika melihat saya sedang membuka ponsel lipat," ujar Nordenberg dalam acara konferensi pers yang digelar secara virtual, Rabu (25/5/2022) lalu.

Oleh karena itulah, Samsung semakin berambisi agar ponsel layar lipat kian membumi dan digunakan lebih banyak masyarakat di seluruh dunia. Upaya itu tampaknya didukung oleh respons pasar terhadap ponsel lipat.

Berdasarkan data Omdia, terlihat adanya peningkatan yang cukup signifikan terhadap penjualan ponsel lipat yang terjadi pada semester kedua (Juli-Desember) 2021.

Data tersebut menunjukkan bahwa pengiriman ponsel lipat tahunan mencapai 9 juta unit pada tahun 2021. Angka pengiriman itu meningkat sekitar 309 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Samsung Kuasai Pasar Ponsel Lipat, Galaxy Z Flip 3 Terlaris 2021

Di antara banyaknya model ponsel lipat yang turut berkontribusi, Galaxy Z Flip 3 dinobatkan sebagai perangkat yang paling laris,

Sepanjang tahun 2021, tercatat bahwa sebanyak 4,6 juta unit Galaxy Z Flip 3 telah dikirimkan secara global. Angka tersebut memegang 52 persen "kue" dari total pengiriman ponsel lipat global di tahun yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.