Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Uji Coba Fitur "Live Subscription", Cara Baru Kreator Cari Uang

Kompas.com - 27/05/2022, 09:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok mengumumkan sebuah fitur baru bertajuk Live Subscription. Melalui fitur ini, kreator TikTok dapat mengadakan siaran langsung (live streaming) dan meraih pendapatan tambahan dari pelanggan yang berlangganan.

Secara garis besar, fitur Live Subscription memiliki konsep yang serupa dengan YouTube dan Twitch. Kreator TikTok dapat menggelar sesi live streaming dan mengubah pengaturan ke mode "subscriber-only" (hanya pelanggan). 

Setelah mode ini diaktifkan, live streaming masih bisa disaksikan secara umum oleh seluruh penonton. Hanya saja, kolom obrolan yang tersedia akan dibatasi sehingga hanya dapat diakses oleh pelanggan berbayar.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark di HP Android dan iPhone

Beberapa benefit lain yang bisa didapatkan oleh pelanggan berbayar termasuk kemampuan untuk menggunakan emoji khusus buatan kreator dan adanya lencana eksklusif yang akan teremat di sebellah username mereka.

Lencana ini dapat mengindikasikan seberapa lama pelanggan telah menyaksikan dan berlangganan di akun kreator TikTok favoritnya.

@tiktoklive_creator Welcome to LIVE subscription - connect with your community on a whole new level! #LIVESubs #TikTokLIVE ? original sound - TikTok LIVE Creator

Fitur-fitur di Live Subscription ini diklaim mampu menambah kedekatan antara penggemar dan konten kreator. Khususnya bagi para penggemar yang rela membayar lebih untuk kreator favorit mereka.

Baca juga: Cara Menghapus Watermark di Video TikTok

Hingga saat ini TikTok masih belum mengungkap berapa biaya berlangganan yang akan dipatok dari setiap pelanggan.

Ada kemungkinan bahwa fitur Live Subscription akan memiliki tarif yang serupa dengan yang dimiliki platform live streaming Twitch.

Sebagai informasi, Twitch memasang harga berlangganan mulai dari 5 dolar AS atau sekitar Rp 73.000 untuk setiap bulannya dan mengambil komisi sekitar 30-50 persen dari pendapatan kreator yang dihasilkan dari layanan live streaming.

Dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (27/6/2022), fitur Live Subscription mulai diuji coba secara terbatas ke sejumlah kreator TikTok sejak 26 Mei lalu.

Baca juga: 2 Cara Salin Link TikTok buat Download Video Tanpa Watermark

Sesi uji coba ini tidak terbatas untuk kreator yang menyajikan konten berupa game saja. TikTok diketahui turut mengajak kreator konten lain, mulai dari seniman, vlogger, pakar kecantikan, kreator ASMR, hingga musisi.

Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi, baik oleh kreator dan pelanggan yang ingin menggunakan fitur Live Subscription.

Adapun persyaratan tersebut mencakup ketentuan umur, di mana penonton harus berusia minimal 18 tahun untuk bisa berlangganan. Begitu juga kreator, hanya yang berusia minimal 18 tahun saja yang bisa memanfaatkan layanan ini.

Sedangkan kreator harus memiliki setidaknya 1.000 followers sebelum bisa mengakses mode "subscriber-only", sebagaimana yang tertulis di blog resmi TikTok.

Baca juga: TikTok Uji Coba Mini Game di Aplikasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com