Kompas.com - 29/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Berbagai ponsel Oppo terbaru yang dirilis di Indonesia, seperti Reno7 4G, Reno7 5G, Reno7 Z 5G, hingga Oppo Find X3 Pro 5G, sudah dibekali dengan sistem antarmuka (UI) terbaru ColorOS 12.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya ColorOS 11, UI teranyar Oppo ini memiliki desain yang lebih ciamik, serta dibekali dengan berbagai fitur baru yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna.

Nah, kali ini KompasTekno akan merangkum lima fitur unik yang hanya ada di ponsel Oppo dengan UI ColorOS 12. Apa saja?

1. Mark on Recording

Fitur Mark on Recording di ColorOS 12.KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur Mark on Recording di ColorOS 12.

Mark on Recording memungkinkan pengguna menandai detik atau menit yang dianggap penting dalam sebuah rekaman suara. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah mendengarkan informasi penting secara langsung tanpa harus mencari atau mendengarkan ulang rekaman suara dari awal.

Baca juga: Google Hapus Aplikasi Perekam Telepon di Play Store

Fitur ini bisa ditemui di aplikasi Recorder melalui tombol "Mark" yang akan muncul di jendela pemutar rekaman suara. Ketika di-klik, maka aplikasi akan menandai detik dan menit tersebut dengan penanda bertuliskan "Mark ... (nomor urut penanda)".

Lalu, daftar detik dan menit akan disimpan dalam daftar yang terletak di bawah pemutar rekaman suara. Nantinya, pengguna cukup mengeklik salah satu tulisan "Mark" yang ada dalam daftar tersebut untuk langsung memainkan rekaman suara yang sudah ditandai.

2. Free-Form Screenshot

Fitur Free-Form Screenshot di ColorOS 12.KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur Free-Form Screenshot di ColorOS 12.

Hasil tangkapan layar (screenshot) biasanya tidak bisa diotak-atik dan hanya akan menghasilkan sebuah gambar yang merupakan status atau kondisi layar pada saat pengguna melakukan screenshot.

Namun di ColorOS 12, ada fitur free-Form Screenshot yang mengizinkan pengguna menyeleksi atau memotong obyek tertentu sesuai dengan konturnya. Dengan begitu, pengguna bisa menghasilkan gambar yang merupakan obyek pentingnya saja, tanpa harus dihiasi dengan informasi status bar dan hal yang tidak penting lainnya.

Baca juga: Menilik Fitur ColorOS 12 di Ponsel Oppo dengan OS Android 11 dan 12

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.