Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Jadi CEO dengan Gaji Tertinggi 2021 Versi Fortune

Kompas.com - 30/05/2022, 12:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Fortune

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan ini, nama Elon Musk tak pernah absen menghiasi daftar orang terkaya di dunia. Pada awal april lalu, Forbes menobatkan Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai lebih dari Rp 3.000 triliun.

Baru-baru ini, majalah bisnis Fortune juga merilis daftar pemimpin perusahaan alias Chief Executive Officer (CEO) dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat.

CEO Tesla dan SpaceX itu juga dinobatkan sebagai CEO perusahaan di AS dengan gaji tertinggi untuk tahun 2021.

Dalam daftar Fortune 500 itu, Elon Musk diperkirakan mendapat gaji atau kompensasi terealisasi mencapai 23,5 miliar dollar AS atau setara Rp 342,4 triliun pada 2021.

Dalam menyusun laporan ini Fortune, menghitung total realisasi kompensasi yang didapatkan oleh masing-masing CEO melalui enam faktor.

Baca juga: Jokowi Bertemu Elon Musk di SpaceX, Ini yang Dibicarakan

Hal pertama adalah gaji dan bonus yang diterima CEO untuk tahun fiskal terbaru perusahaan.

Lalu, ada faktor lain seperti kompensasi lain, contohnya hibah saham terbatas, pembayaran insentif jangka panjang, tunjangan, dan keuntungan saham dalam bentuk nilai yang direalisasikan dari pelaksanaan opsi saham.

Angka yang diperoleh Elon Musk mengungguli bayaran dari CEO perusahaan top lainnya di Amerika Serikat, termasuk di antaranya CEO Apple Tim Cook, CEO Netflix Reed Hastings, dan CEO Microsoft Satya Nadella.

Berkat opsi saham

Selama memimpin Tesla, Elon Musk diketahui hanya dibayar dalam bentuk option awards atau opsi saham, bukan gaji dalam bentuk uang tunai.

Oleh karena itu, Fortune 500 menyebutkan, kompensasi terealisasi yang mencapai Rp 342,4 triliun didapatkan Musk setelah menggunakan opsi saham yang dimiliknya.

Option awards ini memberikan hak pada Elon Musk untuk memperoleh saham Tesla dengan harga yang ditentukan di awal.

Menurut data Google Finance, harga saham Tesla yang berkode TSLA itu mengalami tren kenaikan selama 2021.

Pada awal tahun, saham Tesla diperdagangkan di harga sekitar 880 dollar AS (setara Rp 12,8 juta). Menutup tahun 2021, tepatnya pada 31 Desember, saham Tesla diperdagangkan di harga tertinggi sekitar 1.056 dollar AS (kira-kira Rp 15,3 juta).

Baca juga: Sopir Mobil Tesla yang Tewaskan 2 Orang Karena Mode Autopilot Dituntut Pasal Pembunuhan

Tren kenaikan harga inilah yang agaknya mendongkrak pria bergelar sarjana ekonomi ini mendapatkan kompensasi dengan angka fantastis dari Tesla.

Selain CEO dengan bayaran tertinggi di AS tahun 2021, Elon Musk juga merupakan orang paling tajir nomor satu di dunia untuk saat ini.

Halaman:
Sumber Fortune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com