Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Fingerprint di Infinix Note 12 Ada di Samping, Bukan di Layar

Kompas.com - 30/05/2022, 18:43 WIB

KOMPAS.com - Infinix resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya, yaitu Infinix Note 12 di Indonesia dalam sebuah acara peluncuran virtual Senin (30/5/2022).

Ponsel yang bisa dibilang merupakan suksesor Infinix Note 11 ini dibekali dengan layar AMOLED 6,7 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus.

Meski layarnya sudah AMOLED, Infinix Note 12 tidak dibekali dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di dalam layar, atau biasa disebut dengan in-screen fingerprint scanner.

Baca juga: Infinix Note 12 Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Alih-alih demikian, sensor fingerprint ponsel ini disatukan dengan tombol power yang menghiasi bingkai kanan ponsel, atau yang biasa disebut dengan side-fingerprint.

Terkait hal tersebut, Public Relations Manager Infinix Indonesia Darryl Chandra mengatakan bahwa sensor fingerprint ini diletakkan di tombol power untuk meningkatkan aspek kenyamanan pengguna.

"Berdasarkan masukan pengguna kami, penggunaan side-fingerprint dianggap paling nyaman, bisa diandalkan, dan mudah digunakan," ujar Darryl kepada KompasTekno di sela acara peluncuran virtual Infinix Note 12 di Indonesia.

"Selain itu, tidak sedikit juga pengguna yang kesulitan memakai in-screen fingerprint, mulai dari layar kotor, hingga screen protector yang mengganggu fungsi fingerprint itu sendiri," imbuh Darryl.

Public Relations Manager Infinix Indonesia, Darryl Chandra di sela peluncuran virtual Infinix Note 12 di Indonesia, Senin (30/5/2022)..KOMPAS.com/Bill Clinten Public Relations Manager Infinix Indonesia, Darryl Chandra di sela peluncuran virtual Infinix Note 12 di Indonesia, Senin (30/5/2022)..

Tidak ada NFC

Selain sensor fingerprint yang tidak berada di dalam layar, Infinix Note 12 yang berbanderol Rp 2,8 juta (8 GB/128 GB) dan Rp 3 juta (8 GB/256 GB) juga tidak dibekali NFC.

Seperti diketahui, ada beberapa ponsel kelas menengah yang sudah dibekali NFC di kisaran harga Rp 2-3 juta. Sebut saja seperti Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 11, hingga Infinix Note 11 NFC.

Baca juga: Apa Itu NFC pada Smartphone dan Bagaimana Cara Kerjanya?

PIhak Infinix tidak mengumbar mengapa mereka tidak memasukkan fitur NFC ke dalam Infinix Note 12. Namun, User Operation Manager Infinix Indonesia Radityo Soenarto menjelaskan bahwa fitur tersebut kemungkinan bakal muncul di varian lainnya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.