Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Fingerprint di Infinix Note 12 Ada di Samping, Bukan di Layar

Kompas.com - 30/05/2022, 18:43 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Infinix resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya, yaitu Infinix Note 12 di Indonesia dalam sebuah acara peluncuran virtual Senin (30/5/2022).

Ponsel yang bisa dibilang merupakan suksesor Infinix Note 11 ini dibekali dengan layar AMOLED 6,7 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus.

Meski layarnya sudah AMOLED, Infinix Note 12 tidak dibekali dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di dalam layar, atau biasa disebut dengan in-screen fingerprint scanner.

Baca juga: Infinix Note 12 Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Alih-alih demikian, sensor fingerprint ponsel ini disatukan dengan tombol power yang menghiasi bingkai kanan ponsel, atau yang biasa disebut dengan side-fingerprint.

Terkait hal tersebut, Public Relations Manager Infinix Indonesia Darryl Chandra mengatakan bahwa sensor fingerprint ini diletakkan di tombol power untuk meningkatkan aspek kenyamanan pengguna.

"Berdasarkan masukan pengguna kami, penggunaan side-fingerprint dianggap paling nyaman, bisa diandalkan, dan mudah digunakan," ujar Darryl kepada KompasTekno di sela acara peluncuran virtual Infinix Note 12 di Indonesia.

"Selain itu, tidak sedikit juga pengguna yang kesulitan memakai in-screen fingerprint, mulai dari layar kotor, hingga screen protector yang mengganggu fungsi fingerprint itu sendiri," imbuh Darryl.

Public Relations Manager Infinix Indonesia, Darryl Chandra di sela peluncuran virtual Infinix Note 12 di Indonesia, Senin (30/5/2022)..KOMPAS.com/Bill Clinten Public Relations Manager Infinix Indonesia, Darryl Chandra di sela peluncuran virtual Infinix Note 12 di Indonesia, Senin (30/5/2022)..

Tidak ada NFC

Selain sensor fingerprint yang tidak berada di dalam layar, Infinix Note 12 yang berbanderol Rp 2,8 juta (8 GB/128 GB) dan Rp 3 juta (8 GB/256 GB) juga tidak dibekali NFC.

Seperti diketahui, ada beberapa ponsel kelas menengah yang sudah dibekali NFC di kisaran harga Rp 2-3 juta. Sebut saja seperti Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 11, hingga Infinix Note 11 NFC.

Baca juga: Apa Itu NFC pada Smartphone dan Bagaimana Cara Kerjanya?

PIhak Infinix tidak mengumbar mengapa mereka tidak memasukkan fitur NFC ke dalam Infinix Note 12. Namun, User Operation Manager Infinix Indonesia Radityo Soenarto menjelaskan bahwa fitur tersebut kemungkinan bakal muncul di varian lainnya. 

Hal ini sama seperti Infinix Note 11 yang hadir dalam beberapa versi, yang tentunya sudah dilengkapi dengan NFC seperti Infinix Note 11 NFC, Infinix Hot 11S NFC, dan lain sebagainya. 

"Kalau ditanya apakah akan ada Infinix Note 12 varian NFC seperti model sebelumnya, jawabannya kemungkinan akan ada. Tetapi kalau ditanya kapan dan modelnya apa, kami belum bisa memastikannya," ujar Radityo dalam kesempatan yang sama.

Radityo tidak mengumbar kapan sebenarnya varian smartphone Infinix lainnya yang dibekali dengan NFC bakal masuk ke Tanah Air.

Baca juga: Infinix Hot 12 Play Meluncur dengan Baterai 6000 mAh, Ini Harganya

Namun, Country Director Infinix Indonesia, Sergio Ticoalu sesumbar bahwa dalam beberapa waktu ke depan, mereka bakal getol meluncurkan beragam ponsel baru ke Indonesia, tak terkecuali perangkat yang memiliki fitur NFC.

"Dalam beberapa hari ke depan, kami akan ada produk baru lagi di Indonesia yang merupakan salah satu produk terbaik Infinix. Bulan depannya lagi juga akan ada produk baru, begitu juga di bulan berikutnya. Jadi ditunggu saja," pungkas Ticoalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com