Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menampilkan Layar HP Oppo ke TV

Kompas.com - 30/05/2022, 19:46 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, smartphone memiliki beragam fungsi, mulai dari menyelesaikan pekerjaan, memotret momen-momen penting, hingga menikmati musik dan film untuk menghibur diri.

Meski demikian, layar handphone (HP) yang notabene lebih kecil dibanding tablet atau televisi (TV) terkadang membuat pengalaman memakai layar kurang maksimal.

Apalagi saat dipakai menonton film, mungkin Anda harus memegangi HP itu agar tidak jatuh sembari agak mendekatnya layarnya.

Baca juga: Menjajal Kamera Mikro di HP Oppo, Apa Bedanya dengan Kamera Makro?

Untuk menghindari hal tersebut, berbagai ponsel kekinian yang sudah dipasarkan di Indonesia, salah satunya adalah ponsel terbaru Oppo seperti Reno7 4G, sudah dibekali dengan fitur screen mirorring atau screen casting.

Sederhananya, fitur ini memungkinkan layar TV menampilkan berbagai konten yang sedang ditampilkan di layar smartphone.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melihat layar HP yang kecil untuk menikmati berbagai konten, membuka media sosial macam TikTok, atau sekadar menjelajah berbagai situs web.

Cara Menampilkan Layar HP ke TV

Cara menampilkan layar HP Oppo ke TV sendiri terbilang cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan ponsel Oppo Anda mendukung fitur screen mirroring atau screen casting. Caranya adalah dengan mencari menu screen mirroring atau screen casting di menu pengaturan ponsel.
  • Di beberapa ponsel Oppo seperti Reno7 4G, Anda juga bisa langsung melihat ikon "Screencast" terpampang di daftar ikon yang ada di bilah notifikasi, sebagaimana ilustrasi gambar di bawah ini. Jika melihat ikon tersebut, maka ponsel Oppo Anda mendukung fitur screen mirroring.

Cara mengaktifkan fitur screen mirroring di ponsel Oppo.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur screen mirroring di ponsel Oppo.

  • Kemudian, pastikan TV Anda mendukung fitur screen mirroring. Biasanya, Smart TV atau Android TV mendukung fitur ini secara bawaan. Jika tidak, maka Anda perlu membeli dan mencolokkan alat atau dongle Chromecast atau Miracast supaya bisa menerima sinyal screen mirroringdari HP.
  • Setelah hal-hal di atas sudah dipastikan, pastikan juga smartphone yang ingin Anda tampilkan ke TV, begitu juga perangkat TV-nya, sama-sama terhubung dengan satu jaringan internet atau WiFi.
  • Apabila kedua perangkat sudah terhubung dengan satu jaringan WiFi, Anda bisa langsung mengaktifkan fitur screen mirroring dari HP dengan mengeklik ikon "Screencast" seperti gambar pertama di ilustrasi di atas.
  • Selanjutnya, akan ada jendela yang menampilkan perangkat atau TV yang mendukung fitur screen mirroring atau screen casting. Di sini, pilih TV yang Anda ingin jadikan target untuk menampilkan konten yang ada di layar HP.
  • Terakhir, klik tombol "Start Now" untuk memulai proses screen mirroring. Setelah itu, Anda langsung bisa melihat bahwa TV Anda akan menampilkan konten yang sama dengan layar smartphone Anda/
  • Untuk menyetop fitur screen mirroring, buka kembali bilah notifikasi dan klik tombol "Screencast" hingga tampilan di layar TV kembali seperti semula.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com