BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

5 Fakta Menarik Kamera Hasselblad, dari Pemotretan Jejak Kaki di Bulan hingga Album Abbey Road

Kompas.com - 31/05/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.comBrand Hasselblad memiliki reputasi bagus sebagai salah satu produsen kamera medium format terbaik di dunia. Sejak 1940-an, Hasselblad sudah menancapkan standar tinggi pada pembuatan kamera di industri fotografi.

Sebagai informasi, kamera medium format memiliki ukuran sensor sebesar 44 x 33 milimeter (mm). Ukuran sensor ini lebih besar ketimbang jenis kamera lainnya, seperti kamera full frame, APS-C, serta Micro 4/3.

Dengan ukuran sensor yang lebih besar, kamera medium format mampu menghasilkan gambar dengan sangat detail dan dapat mempertahankan kualitas gambar, meski gambar dipotong.

Oleh karena itu, kamera medium format dari Hasselblad menjadi idaman banyak fotografer.

Selain kualitas gambar yang tak bisa diragukan, jenama kamera tersebut juga punya fakta-fakta menarik. Berikut ulasannya.

1. Diproduksi kurang dari 10.000 unit per tahun

Setiap kamera yang diproduksi oleh Hasselblad harus memenuhi standar warna dan kualitas gambar yang mewakili kehidupan nyata. Jadi, tiap foto yang dihasilkan akan menyerupai warna aslinya. Untuk kebutuhan ini, Hasselblad masih mempertahankan tradisi pembuatan kamera dengan tangan manusia.

Hal tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas kontrol yang lebih ketat sekaligus mempertahankan ciri khas kamera Hasselblad sebagai hasil karya tangan manusia, bukan hasil industri mesin pabrik. Ciri khas ini tidak dimiliki oleh brand lain.

Baca juga: Ciptakan Standar Baru Dunia Fotografi! Ini Fitur Andalan Oppo Find X5 Pro 5G

Karena masih mempertahankan proses produksi tersebut, Hasselblad hanya membuat kamera kurang dari 10.000 per tahun dari sebuah gedung kecil berlantai tiga di Gothenburg, Swedia. Hal ini berbeda dengan jenama lain yang memproduksi kamera secara massal sebanyak jutaan unit per tahun.

2. Dibuat untuk profesional sejati

Kamera medium format dari Hasselblad ditujukan bagi profesional yang tak mau berkompromi dengan kualitas foto. Pasalnya, kamera ini memiliki harga yang lebih mahal ketimbang kamera jenis lain yang tersedia di pasaran.

Sebagai gambaran, salah satu kamera Hasselblad termahal adalah H6D-400c MS. Kamera ini mampu menggabungkan enam gambar beresolusi 100 megapiksel (MP) menjadi gambar utuh sebesar 400 MP. Harganya lebih kurang berkisar Rp 600 jutaan.

Dari dulu, kamera Hasselblad memang dijual dengan harga tinggi. Pada 1948, Hasselblad memperkenalkan kamera konsumen pertamanya dengan harga 500 dollar AS. Jika dihitung dengan tingkat inflasi saat ini, angkanya sekitar 5.900 dollar AS atau sekitar Rp 85.794.221.

Kini kualitas kamera Hasselblad dapat dinikmati pada Oppo Find X5 Pro. Dok. Oppo. Kini kualitas kamera Hasselblad dapat dinikmati pada Oppo Find X5 Pro.

Harga kamera Hasselblad yang tinggi sebanding dengan kualitasnya. Dari segi material, kamera Hasselblad dibuat dengan bahan terbaik dan logam yang tahan lama.

Selanjutnya, dari segi keahlian, kamera buatan brand asal Swedia itu dibuat oleh tangan-tangan terampil yang sudah berpengalaman menciptakan produk kamera berkelas dunia.

Tak hanya itu, Hasselblad menjadi salah satu pelopor teknologi dan inovasi, khususnya untuk kamera medium format. Pada 2016, misalnya, Hasselblad merilis X1D-50c yang merupakan kamera medium format mirrorless pertama di dunia.

3. Digunakan untuk memotret Bulan pada misi Apollo 11

Keandalan kamera Hasselblad tidak hanya digunakan oleh profesional di bidang kreatif dan seni, tapi juga oleh astronot.

Salah satu tonggak bersejarah yang mengharumkan nama Hasselblad di dunia adalah saat Hasselblad Data Camera (HDC) digunakan oleh The National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk misi Apollo 11, yakni pendaratan pertama manusia di Bulan pada 20 Juli 1969.

Foto Edwin ?Buzz? Aldrin di permukaan Bulan pada Misi Apollo 11. Dok. Hasselblad.com. Foto Edwin ?Buzz? Aldrin di permukaan Bulan pada Misi Apollo 11.

Pada misi tersebut, kamera HDC digunakan oleh astronot Neil Armstrong dan Edwin Aldrin untuk menangkap gambar jejak kaki pertama manusia di Bulan serta foto ikonik lainnya.

Foto tersebut dapat dinikmati oleh generasi sekarang dan generasi masa depan sebagai bukti otentik perjalanan pertama manusia di Bulan.

4. Digunakan untuk menjepret sampul album Abbey Road

Kamera Hasselblad sudah digunakan oleh berbagai fotografer kenamaan untuk memotret bintang musik rok dan pop legendaris. Salah satu foto ikonik dalam industri musik yang diambil menggunakan kamera Hasselblad adalah sampul album studio ke-11 The Beatles, yakni Abbey Road.

Foto album yang dirilis pada 1969 tersebut menampilkan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr berjalan melintasi zebra cross di jalan Abbey Road.

Sebagai informasi, foto ikonik tersebut diambil oleh fotografer Skotlandia, Iain Stewart Macmillan. Ia memotret personel The Beatles menggunakan kamera Hasselblad 500C dengan lensa Zeiss Distagon 50 milimeter (mm) f/4 untuk mengambil gambar pada 1969.

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Dalam pemotretan itu, keempat personel The Beatles menyeberang sebanyak enam kali. Menariknya, foto tersebut diselesaikan hanya dalam waktu 10 menit.

Hingga kini, lintasan zebra cross di luar studio Abbey Road menjadi tempat yang populer bagi wisatawan. Mereka mengambil foto dengan menirukan pose The Beatles dalam sampul album mereka.

5. Berkolaborasi dengan brand smartphone premium

Tak hanya menghasilkan kamera medium format terbaik, Hasselblad juga berkolaborasi dengan brand smartphone premium untuk menghasilkan kamera smartphone berkualitas yang dapat menunjang aktivitas mobile photography terbaik.

Salah satunya adalah berkolaborasi dengan Oppo yang dikenal sebagai produsen smartphone premium untuk mobile photography. Lewat kerja sama dengan Hasselblad yang sudah berpengalaman selama 81 tahun di industri fotografi, Oppo menghadirkan Oppo Find X5 Pro dengan kualitas kamera yang memiliki filosofi warna serupa Hasselblad.

Oppo dan Hasselblad berkolaborasi menciptakan kamera smartphone mumpuni melalui Oppo Find X5 Pro 5G. DOK. Oppo. Oppo dan Hasselblad berkolaborasi menciptakan kamera smartphone mumpuni melalui Oppo Find X5 Pro 5G.

Selayaknya kamera Hasselblad, Oppo Find X5 Pro mengadopsi sistem pewarnaan Hasselblad Natural Color Solution (HNCS) yang mampu menampilkan foto dengan akurasi warna maksimal layaknya mata manusia.

Selain itu, kerja sama Oppo dan Hasselblad juga menghasilkan dua fitur unggulan pada Oppo Find X5 Pro. Pertama, mode Xpan yang menjadi ciri khas produk Hasselblad.

Pada mode tersebut, Oppo Find X5 Pro menawarkan pengalaman memotret menggunakan kamera Hasselblad. Contohnya, memiliki antarmuka pengguna yang disesuaikan dan meniru seluruh pengalaman di kamera Hasselblad.

Kedua, filter master Hasselblad yang merupakan hasil kerja sama dengan beberapa fotografer ahli Hasselblad.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Oppo Find X5 Pro Bocor, Berkamera Hasselblad?

Tak sampai situ, Oppo Find X5 Pro juga dibekali chipset MariSilicon X. Chipset ini mampu memberikan pengalaman pengambilan video yang lebih mumpuni pada skenario video dengan cahaya rendah dan peningkatan kualitas high dynamic range (HDR).

Selain itu, chipset tersebut juga menunjang kualitas perekaman video pada malam hari.

Sebagai smartphone flagship dengan kualitas kamera jempolan, Oppo Find X5 Pro sudah dibekali fitur stabilisasi yang mumpuni, baik untuk melakukan fotografi maupun merekam video. Dengan demikian, potensi gambar blur akibat smartphone bergerak dapat diminimalisasi.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro hadir dengan desain punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.4). Sementara pada bagian belakang, smartphone flagship teranyar Oppo ini dibekali kamera utama (wide) beresolusi 50 MP (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 110,3), serta kamera telefoto 13 MP (f/2.4) dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Kamera utama dan ultrawide tersebut sama-sama menggunakan sensor Sony IMX766. Tak hanya itu, kamera Oppo Find X5 Pro juga dibekali teknologi peredam goyangan Optical Image Stabilizer (OIS) 5-sumbu baru.

Selain itu, kamera Oppo Find X5 Pro juga mendukung pengambilan gambar pada mode warna 10-bit. Seperti diketahui, mode warna 10-bit memungkinkan foto yang dihasilkan menampilkan data warna yang lebih banyak.

Kecanggihan kamera Oppo Find X5 Pro pun juga semakin lengkap berkat fitur Hasselblad Natural Color Calibration yang mengandalkan sensor warna 13 channel baru.

Nantikan kehadiran Oppo Find X5 Pro 5G di Indonesia pada Kamis (2/6/2022). Untuk informasi lebih lanjut mengenai smartphone flagship teranyar Oppo ini, Anda bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.