Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mengubah Emoji HP Android Menjadi iPhone, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 31/05/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Handphone (HP) berbasis sistem operasi Android saat ini kebanyakan telah dibekali fitur yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi tema dari tampilan layar.

Dengan fitur tersebut, pengguna bebas mengubah tema dari tampilan layar HP-nya, termasuk mengganti bentuk emoji bawaan yang terdapat di keyboard. Pengguna dapat mengubah bentuk emoji bawaan HP Android menjadi seperti emoji di keyboard iPhone.

Baca juga: Arti Emoji Wajah dengan Tiga Hati dan Bermata “Love”, Apa Bedanya?

Untuk mengubah emoji Android menjadi iPhone, pengguna bisa memanfaatkan layanan dari aplikasi pihak ketiga penyedia emoji iPhone, salah satunya seperti Zfont3. Aplikasi emoji iPhone tersebut bisa didapat dengan mengunduhnya lewat Google Play Store.

Lantas, bagaimana cara mengubah emoji Android menjadi iPhone menggunakan Zfont3? Bila telah bosan dengan emoji bawaan di HP Android Anda, berikut merupakan cara mengubah emoji Android menjadi iPhone via Zfont3.

Cara mengubah emoji Android menjadi iPhone via Zfont3

  • Setelah mengunduh Zfont3 dari Google Play Store, buka aplikasi tersebut dan gulir ke bawah hingga menemukan kolom “Emoji”
  • Pada daftar teratas, klik emoji berjudul “iOS 15.4”
  • Setelah itu, klik opsi “Download”
  • Tunggu hingga proses pengunduhan emoji berhasil, lalu klik opsi “Apply”
  • Sistem bakal memuat ulang HP Android
  • Setelah layar HP kembali menyala, emoji iPhone pun bakal bisa dipakai di HP Android.

Ilustrasi cara mengubah emoji Android menjadi iPhone via Zfont3KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengubah emoji Android menjadi iPhone via Zfont3

Selain cara di atas, mengubah emoji Android menjadi iPhone juga bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Cara yang satu ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bawaan bernama “Tema” yang mungkin telah tersedia di sebagian besar HP Android.

Untuk cara mengubah emoji Android menjadi iPhone tanpa aplikasi tambahan, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengubah emoji Android menjadi iPhone tanpa aplikasi tambahan

  • Buka aplikasi bawaan bernama “Tema”
  • Pada kolom pencarian masukkan kata kunci “iOS”, setelah itu pilih font yang berjudul seperti “iOS 15.4”
  • Selanjutnya, klik opsi “Download” atau “Unduh” pada nama font tersebut
  • Tunggu hingga proses pengunduhan emoji berhasil, lalu klik opsi “Apply” atau “Terapkan”
  • Selanjutnya, sistem bakal memuat ulang HP Android
  • Setelah layar HP kembali menyala, kini emoji iPhone pun telah bisa digunakan di HP Android.

Ilustrasi cara mengubah emoji Android menjadi iPhone tanpa aplikasi tambahanKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengubah emoji Android menjadi iPhone tanpa aplikasi tambahan

Penting untuk diketahui, pada dasarnya cara di atas bertujuan untuk mengubah tampilan atas fitur Gboard atau Google Keyboard, sebuah sistem keyboard bawaan HP Android.

Oleh karena itu, sebelum mulai mengubah emoji Android menjadi iPhone, pastikan dulu bahwa sistem keyboard HP Android tengah menggunakan Gboard. Caranya bisa berbeda-beda di tiap HP Android.

Umumnya, cara mengecek sistem keyboard yang tengah dipakai bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan perangkat. Lalu, pilih menu bertajuk “Bahasa & Masukan” dan klik opsi “Keyboard”.

Baca juga: 10 Emoji yang Banyak Disalahartikan, Simak Makna Sebenarnya

Sebagai informasi tambahan, dua cara di atas dijajal pada HP Redmi dengan versi antarmuka MIUI 12.5. Beda wadah untuk mengakses mungkin bakal beda juga caranya. Itulah penjelasan cara mengubah emoji Android menjadi iPhone, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com